Punya Sumber Daya Alam Besar, Bahlil Ingin RI Jadi Negara Tujuan Investasi

    Eko Nordiansyah - 27 Mei 2021 18:28 WIB
    Punya Sumber Daya Alam Besar, Bahlil Ingin RI Jadi Negara Tujuan Investasi
    Menteri Investasi Bahlil Lahadalia. Foto: MI/Ramdani



    Jakarta: Menteri Investasi Bahlil Lahadalia berharap Indonesia bisa menjadi salah satu negara tujuan investasi. Optimisme ini didasari oleh Indonesia yang memiliki potensi cukup besar dengan keberadaan sumber daya alam (SDA) yang melimpah.

    "SDA kita sangat luar biasa sekali, tidak perlu diragukan kita punya SDA dari perikanan, pertambangan, kehutanan, kemudian kita juga mulai bangun green energy. Ini jadi salah satu daya tarik sendiri," kata dia dalam Indonesia Investment Forum 2021, Kamis, 27 Mei 2021.

     



    Ia menambahkan, saat ini pemerintah juga telah mengesahkan Undang-Undang Cipta Kerja yang akan memudahkan perizinan investasi. Bahlil bahkan menjamin adanya UU Cipta Kerja ini akan memberikan tiga hal yang dibutuhkan oleh para pengusaha.

    "UU Cipta Kerja ini memberikan tiga hal kepada pengusaha. Pengusaha butuh kepastian, kemudahan, efisiensi dan transparan. Dulu kita harus akui Indonesia regulasi enggak terpusat, persoalan perizinan sekarang melalui OSS yang dikelola Kementerian Investasi," ungkapnya.

    Meski di tengah pandemi covid-19 seperti sekarang ini, ia menilai, potensi investasi di Indonesia terbilang cukup baik. Apalagi tahun lalu Indonesia mencatatkan kontraksi 2,19 persen atau diantara yang paling rendah dibandingkan dengan negara-negara lain.

    Sementara itu, realisasi investasi pada 2020 juga tercatat mencapai Rp827 triliun. Dari realisasi investasi di tahun lalu, Bahlil mengungkapkan, realisasi investasi asing (foreign direct investment) turun tidak terlalu besar atau kurang dari 10 persen saja.

    "Dengan demikian kepercayaan dunia kepada Indonesia dalam melakukan investasi masih tetap terjaga. Dalam konteks lain, Eropa salah satu yang memberikan sumbangsih terhadap investasi di Indonesia," pungkas dia.
     

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id