Berkat Jokowi Masif Bangun Infrastruktur, Konsumsi Baja Nasional Melejit 40%

    Suci Sedya Utami - 21 September 2021 14:37 WIB
    Berkat Jokowi Masif Bangun Infrastruktur, Konsumsi Baja Nasional Melejit 40%
    Presiden Joko Widodo. FOTO: MI/RAMDANI



    Jakarta: Direktur Utama PT Krakatau Steel (Persero) Silmy Karim menyebutkan konsumsi baja nasional naik signifikan. Hal ini didorong oleh komitmen Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pembangunan infrastruktur.

    Silmy mengatakan dalam kurun waktu lima tahun sejak 2014, konsumsi baja per kapita tumbuh dari 50 kilogram (kg) per kapita menjadi 71 kg per kapita. Sedangkan permintaan baja tumbuh 40 persen.

     



    "Artinya di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi terjadi peningkatan konsumsi baja yang signifikan sekitar 40 persen. Hal ini terjadi karena kebijakan pemerintah dalam mendorong pembangunan infrastruktur," kata Silmy, di Cilegon, Selasa, 21 September 2021.

    Untuk memenuhi kebutuhan baja nasional, KS pun baru saja meresmikan pabrik baja hot strip mill 2 yang memproduksi hot roll coil (HRC) atau baja hitam. Pabrik yang dibangun di atas lahan 25 hektare (ha) dan investasi Rp7,5 triliun mampu memproduksi 1,5 juta ton per tahun.

    Silmy mengatakan dengan kapasitas produksi pabrik tersebut, maka total  produksi HRC menjadi sebesar 3,9 juta ton. Pabrik ini merupakan pabrik pertama di Indonesia yang mampu menghasilkan produk HRC dengan ketebalan 1,4 milimeter (mm).

    Selain itu dengan diresmikannya pabrik ini maka KS telah memasuki babak baru dalam mewujudkan pembangunan klaster baja 10 juta ton di Cilegon. Serta akan meningkatkan daya saing produksi baja nasional.

    "Ini akan berdampak pada penghematan devisa serta perbaiki neraca perdagangan Indonesia," jelas Silmy.

    Setelah ini, KS bersama Posco Korea akan mulai melakukan investasi baru sebesar USD700 juta dalam memproduksi produk turunan HRC dan dilanjutkan dengan investasi USD3 miliar untuk menambah kapasitas produksi baja di hulu.

     

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id