Pertamina Distribusikan 100 Ton Oksigen Bantuan dari India

    Suci Sedya Utami - 24 Juli 2021 19:41 WIB
    Pertamina Distribusikan 100 Ton Oksigen Bantuan dari India
    Ilustrasi antrean masyarakat saat isi ulang tabung oksigen - - Foto: MI/ Andriyanto



    Jakarta: PT Pertamina (Persero) siap mendistribusikan bantuan 100 ton oksigen likuid dari pemerintah India ke Indonesia. Oksigen tersebut dikemas dalam lima iso tank berkapasitas masing-masing 20 ton.
     
    Duta Besar India untuk Indonesia Manoj Kumar Bharti mengatakan pihaknya membawa 100 ton oksigen dan sekitar 300 oksigen konsentrator. Dia berharap persahabatan dan kerja sama antar kedua negara tetap berlanjut, tidak hanya dalam memerangi krisis, tetapi di berbagai bidang lainnya.
     
    "Saya tahu bahwa ini bukanlah jumlah yang banyak tapi setidaknya inilah bantuan dari rakyat dan dari Pemerintah India,” ujar Manoj dalam keterangan resminya, Sabtu, 24 Juli 2021.
     
    Direktur Logistik & Infrastruktur Pertamina Mulyono mengatakan dengan tambahan lima unit iso tank ini, Pertamina juga telah menyediakan lima unit truk lengkap dengan bed trailer, serta awak pengemudinya.
     
    "Dengan kedatangan iso tank dari India ini, maka total iso tank yang dikelola Pertamina ada 40 unit dengan total kapasitas 800 ton. Sudah sekitar 1.300 ton oksigen yang kami distribusikan ke 206 Rumah Sakit di tujuh provinsi," kata Mulyono.

    Mulyono menambahkan ke tujuh provinsi tersebut adalah DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur hingga ke Pulau Bali. Ia bilang mekanisme pendistribusian untuk rumah sakit yang memerlukan oksigen sudah ditentukan oleh Kementerian Kesehatan.

     



    Kepala Pusat Krisis Kementerian Kesehatan Reka Jusup Singka mengatakan nantinya oksigen yang didistribusikan melalui bantuan transportasi Pertamina akan dimanfaatkan bukan hanya di Pulau Jawa dan Bali saja, tetapi juga di luar Jawa seperti Kalimantan Barat, karena tren kasus covid-19 ada kemungkinan meningkat di luar Jawa-Bali.
     
    Adapun bantuan oksigen ini tiba Sabtu, 24 Juli 2021 di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta. Serah terima bantuan dari Pemerintah India kepada Pemerintah Indonesia dihadiri oleh Duta Besar India untuk Indonesia, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Kesehatan, Pertamina, jajaran TNI, Pelindo, dan Bea Cukai.

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id