Aliansi Perusahaan Jepang Jajaki Energi Terbarukan Indonesia

    Antara - 04 Juli 2020 11:12 WIB
    Aliansi Perusahaan Jepang Jajaki Energi Terbarukan Indonesia
    Foto: AFP.
    Jakarta: Perusahaan aliansi atau gabungan Hitachi Ltd dan ABB Ltd dengan Hitachi ABB Power Grids Ltd resmi beroperasi untuk menjajaki bisnis pengembangan usaha energi terbarukan di Indonesia. Langkah itu diharapkan memberi positif terhadap iklim investasi di Tanah Air.

    Hitachi memegang 80,1 persen saham dari perusahaan patungan ini (volume bisnisnya mencapai USD10 miliar) dan ABB memiliki saham selebihnya. Executive Wakil Presiden Hitachi Toshikazu Nishino merupakan chairman perusahaan baru tersebut dan Claudio Facchin menjabat sebagai CEO.

    "Teknologi digital terdepan Hitachi, digabungkan dengan solusi-solusi power-grid kelas dunia akan membantu kami berperan aktif dalam transformasi dan dekarbonisasi sistem energi global untuk masa depan energi yang berkelanjutan,” tutur Toshikazu Nishino, seperti dikutip dari Antara, Sabtu, 4 Juli 2020.

    Perusahaan gabungan yang menggabungkan dua korporasi raksasa global tersebut menciptakan pemimpin tenaga listrik. Aliansi dengan Hitachi akan memfasilitasi perluasan peluang bagi perusahaan baru ini di bidang mobilitas, smart city, industri, penyimpanan energi (energy storage) dan pusat data (data center) di antaranya di Indonesia.

    CFO ABB dan Direktur Dewan Hitachi ABB Power Grids, Timo Ihamuotila menjelaskan sinergi dan akses ke pasar baru dan berkembang yang difasilitasi Hitachi akan mendukung pengembangan bisnis Power Grids ke tahap berikutnya, seraya memperkuat posisinya sebagai pemimpin pasar.

    Hal senada disampaikan CEO Hitachi ABB Power Grids, Claudio Facchin menjelaskan dengan menggabungkan kekuatan teknologi kedua perusahaan, maka diprediksi akan mendapatkan peluang pasar baru.

    "Kami tetap berkomitmen untuk mendukung energi masa depan, sebagai mitra pilihan untuk mewujudkan sistem teknologi yang lebih pintar dan ramah lingkungan," jelasnya.

    Sementara itu, Country Managing Director PT ABB Power Grids Indonesia Michel Burtin menyampaikan perusahaan gabungan baru antara Hitachi dan ABB Power Grids akan memperkuat portofolio perusahaan dengan solusi-solusi inovatif bukan di sektor listrik dan energi saja, tetapi di sektor strategis lainnya seperti transportasi dan infrastruktur.

    (ABD)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id