BUMN Bantu Kemenkes Lakukan 142.552 Tes PCR

    Husen Miftahudin - 28 Juli 2020 14:52 WIB
    BUMN Bantu Kemenkes Lakukan 142.552 Tes PCR
    Ilustrasi tes PCR - - Foto: Antara/ Risyal Hidayat
    Jakarta: Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo mengatakan pihaknya terus membantu Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menangani kasus pandemi covid-19. Salah satunya memperluas pembentukan laboratorium tes Polymerase Chain Reaction (PCR) di seluruh rumah sakit milik BUMN.

    "Sampai dengan saat ini (26 Juli 2020), seluruh rumah sakit BUMN telah melakukan 142.552 tes (PCR) dengan kapasitas tes per hari seluruh rumah sakit BUMN itu mencapai 3.500 tes per hari," ujar Kartika dalam acara Kajian Tengah Tahun Institute For Development of Economics and Finance (Indef), Selasa, 28 Juli 2020.

    Laboratorium tes PCR terbesar yang dimiliki rumah sakit BUMN terdapat di RS Pertamina Jaya (RSPJ) Cempaka Putih, Jakarta Timur. Dengan ini, diharapkan BUMN dapat lebih berperan dalam memberikan layanan tes PCR yang dapat menjangkau lebih banyak masyarakat.

    "Diharapkan dukungan kita pada Kementerian Kesehatan maupun Gugus Tugas dapat memperluas jumlah masyarakat yang dites (PCR) ini juga cukup signifikan," papar dia.

    Tiko, sapaan akrabnya, mengungkapkan pada awalnya Kementerian BUMN mengkonsolidasikan 70 rumah sakit di bawah payung Indonesia Healthcare Corporation (IHC) atau Pertamedika. Jaringan rumah sakit milik perusahaan-perusahaan BUMN ini membantu Gugus Tugas untuk menyiapkan Wisma Atlet sebagai rumah sakit khusus covid-19 dengan kapasitas tampung hingga 12 ribu orang.

    "Kemudian kita juga memperluas kapasitas rumah sakit khusus covid-19 di RSPJ Cempaka Putih dan RSPP (Rumah Sakit Pusat Pertamina) Simprug," papar dia.

    Saat ini, rumah sakit BUMN memiliki total 2.703 kasur (beds) di seluruh Indonesia dan 370 ruang Intensive Care Unit (ICU) yang disiapkan khusus untuk penanganan pasien covid-19.

    "Kita hanya sebagai pelengkap karena yang utama memang rumah sakit milik Kemenkes. Namun jumlah rumah sakit dan jumlah ruang ICU di rumah sakit BUMN juga cukup signifikan untuk membantu pemerintah dalam menangani pasien covid-19," tutup Tiko.




    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id