Tunggak BPJS Kesehatan, Peserta Bisa Bayar Cuma Enam Bulan

    Eko Nordiansyah - 14 Mei 2020 20:33 WIB
    Tunggak BPJS Kesehatan, Peserta Bisa Bayar Cuma Enam Bulan
    BPJS Kesehatan. Foto : MI/Ramdani.
    Jakarta: Pemerintah memberikan kemudahan bagi para peserta BPJS Kesehatan yang selama ini memiliki tunggakan iuran. Peserta tinggal membayar enam bulan sisa tunggakan dari sebelumnya hanya 24 bulan masa tunggakan yang harus dilunasi.

    "Sebagai dukungan pemerintah di masa covid-19, untuk 2020 penghentian sementara berakhir dengan pelunasan iuran paling banyak enam bulan saja," kata Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Pengeluaran Negara Kunta Wibawa Dasa Nugraha dalam video conference di Jakarta, Kamis, 14 Mei 2020.

    Perubahan ketentuan ini tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 64 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua Atas Perpres Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan.

    Dengan relaksasi ini, peserta bisa mengaktifkan kembali kepesertaannya. Pemerintah juga memberi kelonggaran pelunasan denda dari lima persen menjadi 2,5 persen untuk tahun ini.

    "Relaksasi peserta yang ada tunggakan. Harusnya bayar 24 bulan full, sekarang enam bulan, mereka aktif. Di 2021 mereka bayar sisanya. Pembayaran denda pelayanan lima, tapi di covid hanya 2,5 persen untuk 2020," ungkapnya.

    Dalam ketentuan baru, iuran untuk peserta kelas I sebesar Rp150 ribu, kelas II Rp100 ribu, dan kelas III Rp42 ribu mulai 1 Juli 2020. Bagi PBPU dan peserta BP kelas III akan tetap membayar Rp25.500, sisanya Rp16.500 akan dibayarkan oleh pemerintah di tahun ini.

    "Untuk besar iuran tiap segmen kepesertaan akan ditinjau tiap dua tahun sekali, akan dilakukan seseuai standar praktik aktuaria tapi juga mempertimbangkan inflasi kesehatan, biaya kebutuhan JKN dan kemampuan membayar iuran yang diusulkan oleh DJSN kepada presiden," pungkas dia.



    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id