Inflasi Tahunan Juli 2020 Terendah Sejak Mei 2000

    Eko Nordiansyah - 03 Agustus 2020 14:00 WIB
    Inflasi Tahunan Juli 2020 Terendah Sejak Mei 2000
    Kepala BPS Suhariyanto. Foto: Medcom.id/Husen Miftahudin
    Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi tahunan atau year on year (yoy) pada Juli 2020 sebesar 1,54 persen. Inflasi tahunan ini merupakan yang paling rendah sejak Mei 2000, yang pada waktu itu tercatat 1,2 persen.

    "Inflasi ini terendah sejak posisi Mei 2000. Saat itu inflasi tahunan 1,2 persen," kata Kepala BPS Suharyanto dalam video conference di Jakarta, Senin, 3 Agustus 2020.

    Suhariyanto menambahkan inflasi tahunan pada tahun ini terus mengalami penurunan. Hal ini tak lepas dari dampak pandemi covid-19 terhadap berbagai sektor tidak hanya kesehatan, tetapi juga ekonomi dan sosial di masyarakat.

    BPS juga menilai deflasi yang terjadi pada dua bulan setelah momen Ramadan dan Idulfitri pada tahun ini sebagai sesuatu yang tidak biasa. Bahkan secara tahun kalender atau year to date sejak Januari hingga Juli 2020, inflasi tercatat sebesar 0,98 persen.

    "Kalau tahun sebelumnya normal Ramadan dan Lebaran jadi puncak tingginya inflasi, karena permintaan yang meningkat dan uang beredar banyak sekali. Namun itu tidak terjadi tahun ini , ya memang tidak wajar, karena situasinya memang tidak normal," ungkapnya.

    Faktor lain yang juga menyebabkan penurunan inflasi adalah berkurangnya pendapatan masyarakat. Ini terjadi karena adanya penerapan work from home (WFH), bahkan beberapa perusahaan terpaksa melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

    "Akibatnya apa? Ini akan memengaruhi sisi demand dan supply. Jadi pengaruh covid-19 ini luar biasa sekali. Tren di seluruh negara inflasi cenderung melambat, bahkan deflasi karena dari dua sisi, sisi demand daya beli kurang banyak WFH, PHK, dan supply juga terganggu," pungkas dia.

    (DEV)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id