Sepanjang Agustus, AP II Catat Peningkatan Penerbangan 17%

    Suci Sedya Utami - 03 September 2020 11:07 WIB
    Sepanjang Agustus, AP II Catat Peningkatan Penerbangan 17%
    Bandara AP II . Foto : Medcom : Syawaluddin.
    Jakarta: Lalu lintas angkutan udara di 19 bandara PT Angkasa Pura II (Persero) pada Agustus 2020 mengalami peningkatan dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

    Jumlah penerbangan pada Agustus tercatat 25.041 penerbangan atau naik 17 persen dibandingkan dengan Juli 2020 sebanyak 21.431 penerbangan. Sementara itu, jumlah pergerakan penumpang meningkat hingga 38 persen menjadi 2,10 juta orang dari sebelumnya 1,52 juta orang. Adapun volume angkutan kargo stabil di angka sekitar 49 juta kilogram.

    Khusus di Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia, jumlah penerbangan pada Agustus 2020 naik 17 persen dibandingkan Juli 2020 menjadi 14,393, lalu jumlah pergerakan penumpang naik 36 persen menjadi 1,22 juta orang, dan volume angkutan kargo stabil di 38,8 juta kilogram.

    Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan peningkatan lalu lintas penerbangan ini didorong membaiknya permintaan masyarakat terhadap penerbangan. Sehingga membuat frekuensi penerbangan di satu rute bertambah, lalu rute-rute yang sempat ditutup kini kembali aktif kembali.

    “Jumlah penumpang di 19 bandara sekitar dua juta orang dan khusus di Soekarno-Hatta sekitar 1,22 juta orang. Kepercayaan masyarakat terhadap sektor penerbangan ini tumbuh antara lain karena protokol kesehatan yang dijalankan ketat di bandara PT Angkasa Pura II bersama stakeholder lainnya,” kata Awaluddin dalam keterangan resmi, Kamis, 3 September 2020.
     
    Selain Bandara Soekarno-Hatta, penerbangan di Bandara Husein Sastranegara Bandung juga bergeliat pada Agustus lalu menyusul kembali beroperasinya pesawat jet. Saat ini Bandara Husein Sastranegara melayani penerbangan dari dan ke Kualanamu, Denpasar, Pekanbaru, Makassar, Balikpapan dan Palembang. Maskapai yang mengoperasikan pesawat jet di Bandara Husein Sastranegara adalah Garuda Indonesia, Citilink dan Lion Air.

    Awaluddin mengatakan kembalinya operasional pesawat jet ke Bandara Husein Sastranegara diharapkan dapat mendukung pemulihan ekonomi di Jawa Barat khususnya Bandung dan sekitarnya. Adapun penerbangan pesawat jet di Bandara Husein Sastranegara dilakukan sejak 20 Agustus 2020. Sebelum tanggal tersebut penerbangan pesawat jet dioperasikan di Bandara Kertajati.

    (SAW)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id