comscore

BPS Sensus Penduduk ke Lapangan Mulai September

Eko Nordiansyah - 31 Agustus 2020 13:37 WIB
BPS Sensus Penduduk ke Lapangan Mulai September
BPS akan melakukan sensus penduduk secara langsung ke lapangan mulai September 2020. Foto: Antara/Oky Lukmansyah
Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS) akan melakukan sensus penduduk secara langsung ke lapangan mulai September 2020. Sensus penduduk dilakukan untuk mengecek kembali data masyarakat, baik yang sudah mengikuti sensus secara online ataupun belum.

"Untuk seluruh penduduk baik yang sudah mengikuti sensus penduduk online ataupun belum akan dicek kembali keberadaannya oleh petugas sensus," kata Kepala BPS Suhariyanto dalam video conference di Jakarta, Senin, 31 Agustus 2020.
Meski begitu, BPS diharuskan untuk melakukan efisiensi anggaran di tengah pandemi covid-19. Oleh karena itu, Suhariyanto menyebut pihaknya telah melakukan adaptasi kebiasaan baru melalui penyesuaian proses bisnis sensus penduduk 2020.

Pertama, BPS melakukan penyesuaian moda pembelajaran menggunakan pembelajaran mandiri petugas melalui TVRI dan RRI. Kedua, BPS juga menerapkan protokol kesehatan yang ketat baik bagi petugas ataupun responden. Ketiga, menerapkan zonasi moda pengumpul data.

"BPS sangat menyadari banyak risiko yang akan terjadi dengan adanya perubahan proses bisnis ini, tetapi BPS juga menjamin kita telah melakukan berbagai mitigasi risiko untuk meminimalisir risikonya," ungkap dia.

BPS sebelumnya mencatat sensus penduduk online yang dijalankan sejak 15 Februari 2020 sampai dengan 29 Mei 2020 diikuti oleh 51,36 juta penduduk. Jumlah ini baru sekitar 19 persen dari total seluruh penduduk Indonesia.

Namun begitu, Suhariyanto menyebut, pekerjaan ini belum selesai. Pasalnya baru 19 persen dari total penduduk Indonesia yang telah mengikuti sensus secara online, sehingga masih ada 81 persen penduduk yang harus dicatat keberadaannya.

"Oleh karena itu, pelaksanaan sensus penduduk 2020 akan dilanjutkan dengan pencacahan lapangan di September 2020 untuk mencatat penduduk Indonesia yang belum mengikuti sensus penduduk online," pungkasnya. 

(DEV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id