Sepekan Terpopuler, dari Bisnis Sepeda Brompton hingga Jamur Enoki

    Nia Deviyana - 28 Juni 2020 14:44 WIB
    Sepekan Terpopuler, dari Bisnis Sepeda Brompton hingga Jamur Enoki
    Bisnis sepeda menjadi salah satu topik terpopuler pekan ini. Foto: AFP
    Jakarta: Berita ekonomi terpopuler dalam sepekan datang dari beberapa isu, mulai dari bisnis sepeda yang mengalami lonjakan permintaan hingga putusan Komisi Pengawas Persaingan Usaha yang menyatakan tujuh maskapai melakukan kartel harga pesawat.

    Begitu juga dengan langkah Kementerian Pertanian yang sementara melarang peredaran jamur enoki asal Korea Selatan karena disinyalir dapat menyebabkan masalah kesehatan.

    Selanjutnya, skenario pemulihan ekonomi dan deretan milenial yang menduduki posisi strategis di perusahaan BUMN menjadi salah satu topik terpopuler pekan ini.

    Medcom.id merangkum lima berita yang menjadi topik populer dalam sepekan. Rangkuman ini sebagai referensi bagi pembaca yang memantau isu ekonomi terkini.

    1. Pembeli Sepeda Brompton Harus Menunggu sampai Januari

    Produsen sepeda asal Inggris, Brompton, mengalami lonjakan permintaan di berbagai negara termasuk Indonesia selama pandemi covid-19. Proses pembeliannya agar sampai di dalam negeri pun mesti inden atau menunggu hingga Januari 2021.
     
    Sekretaris Jenderal Asosiasi Pengusaha Sepeda Indonesia (Apsindo) Eko Wibowo Utomo menyebutkan bahwa penjualan sepeda lipat produksi Brompton mengalami peningkatan hingga empat kali lipat. Fenomena ini seiring perubahan gaya hidup masyarakat yang lebih peduli kesehatan dengan lebih banyak berolahraga.
     
    Baca selengkapnya di sini.

    2. 7 Maskapai Terbukti Kartel Harga Tiket

    Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menyatakan tujuh maskapai terbukti melakukan kartelisasi terhadap harga tiket kelas ekonomi dalam negeri. Maskapai tersebut yakni PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, PT Citilink Indonesia, PT Sriwijaya Air, PT NAM Air, PT Batik Air, PT Lion Mentari, dan PT Wings Abadi.

    Majelis hakim KPPU dalam sidang terbuka yang dilaksanakan pada Selasa, 23 Juni 2020 membacakan Putusan atas Perkara Nomor 15/KPPU-I/2019 tentang Dugaan Pelanggaran Pasal 5 dan Pasal 11 UU Nomor 5 Tahun 1999.

    Baca selengkapnya di sini.

    3. Ada Bakteri, Kementan Imbau Jamur Enoki Asal Korsel Tak Diedarkan

    Produk jamur enoki yang diimpor dari Korea Selatan (Korsel) sementara waktu diminta untuk tidak diedarkan. Hal tersebut menyusul temuan bahaya jamur enoki terkait kontaminasi bakteri listeria monocytogenes yang bisa menyebabkan masalah kesehatan.
     
    Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) Agung Hendriadi mengatakan bahwa pihaknya telah mendapatkan informasi dari International Food Safety Authority Network (Infosan) terkait Kejadian Luar Biasa (KLB) pada Maret-April 2020 di Amerika Serikat, Kanada, dan Australia. Masalah kesehatan muncul akibat mengonsumsi jamur enoki asal Korea Selatan yang tercemar bakteri listeria monocytogenes.

    Baca selengkapnya di sini.

    4. Gelombang Kedua Covid-19 dalam Skenario PEN

    Anggota Komisi XI DPR Kamrussamad meminta pemerintah merancang skenario lain dalam pemulihan ekonomi nasional (PEN). Pasalnya, Indonesia berpotensi memasuki gelombang kedua infeksi pandemi virus korona (covid-19).

    Baca selengkapnya di sini.

    5. Deretan Milenial Duduki Kursi Panas Perusahaan BUMN

    Generasi milenial menjadi sorotan di berbagai bidang. Mereka mulai merangsek ke pemerintahan. Keberadaan mereka bahkan 'menggurita' di sejumlah posisi strategis.
     
    Baca selengkapnya di sini.
     



    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id