comscore

Babel Fasilitasi Warga Manfaatkan Lahan Bekas Tambang Timah

Antara - 04 Agustus 2022 14:59 WIB
Babel Fasilitasi Warga Manfaatkan Lahan Bekas Tambang Timah
Timah. Foto : AFP.
Belitung: Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menyatakan siap memfasilitasi warga untuk memanfaatkan lahan kritis bekas penambangan bijih timah untuk mengembangkan usaha pertanian sebagai langkah menekan kenaikan harga pangan.

"Kami siap membantu dan memfasilitasi masyarakat untuk bertanam sayur, cabai, dan tanaman pangan lainnya di lahan kritis ini," kata Pj Gubernur Kepulauan Babel Ridwan Djamaluddin di Belitung Timur, Babel dikutip dari Antara, Kamis, 4 Agustus 2022.
 
baca juga: Babel Fokus Kembangkan Hilirisasi Timah

Ia mengakui saat ini harga berbagai kebutuhan pokok dan sayur mayur mengalami kenaikan khususnya di Belitung Timur, karena 80 persen kebutuhan masyarakat di kepulauan tersebut dipasok dari luar daerah.
"Kami menyarankan agar masyarakat Pulau Belitung bisa memanfaatkan lahan kritis bekas tambang yang ada untuk bertanam," ujarnya.
 
Sahani Saleh mendukung saran agar masyarakat memanfaatkan lahan-lahan kritis terlantar untuk mengembangkan tanaman pangan tersebut.

"Saya baru-baru ini berkunjung ke Jepang dan di sana anak-anak muda yang kaya berprofesi sebagai petani. Di Belitung justru banyak orang bertanam hanya untuk konsumsi pribadi saja, harusnya juga bisa untuk dijual, sehingga harganya bisa murah di Belitung," katanya.

Menurut dia, pola pikir bertanam cukup untuk makan ini harus diubah dan masyarakat terutama anak-anak muda harus bangga menjadi petani dan nelayan.

"Anak-anak muda di Jepang patut dicontoh, karena kreativitas mereka harga sayur memang diatur oleh pemerintah setempat menjadi stabil dan petani sayur di Jepang sejahtera kehidupannya," katanya.

(SAW)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id