comscore

Indonesia Bidik Dapur Halal Global, Ini Strategi Pemerintah

Antara - 11 Februari 2022 14:15 WIB
Indonesia Bidik Dapur Halal Global, Ini Strategi Pemerintah
Ilustrasi kuliner halal - - Foto: Medcom
Jakarta: Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury ingin Indonesia menjadi Dapur Halal Global atau The World Halal Kitchens melalui industri kuliner dalam negeri.

Sebab, Thailand sudah lebih dulu
mengeklaim visi sebagai The World Halal Kitchens dengan proyek kawasan industri halalnya di kota wisata Phuket dan Chiang Mai.
"Indonesia tentunya jangan sampai kalah dengan apa yang sudah dilakukan oleh Thailand, karena Indonesia seperti kita ketahui merupakan negara dengan jumlah populasi Muslim yang terbesar di dunia. Nantinya bisa mencanangkan visi juga sebagai The World Halal Kitchens atau Dapur Halal Global," ujar Pahala dalam seminar daring, Jumat, 11 Februari 2022.

Pahala mengatakan pembangun ekosistem kuliner halal di dalam negeri bisa dimulai dari Kampung Batik Kauman Solo, Jawa Tengah. Pengembangan kawasan halal tersebut diharapkan bisa menjadi model untuk kawasan lainnya.

Di sisi lain, sektor kawasan makanan dan minuman merupakan salah satu terbesar di Indonesia atau 36,4 persen dari PDB Indonesia.


"Dan juga bukan hanya di wilayah Kota Surakarta saja, tetapi juga kepada kawasan-kawasan lainnya karena Indonesia memiliki kekayaan kuliner yang luar biasa, yang terdapat sekitar 5.300 makanan asli Indonesia yang kita harapkan bisa kita kembangkan menjadi kuliner halal yang bukan hanya bisa dijual di Indonesia, melainkan juga diharapkan bisa diekspor ke negara-negara lainnya," terang dia.

Adapun ekonomi syariah merupakan sebuah peluang yang bernilai multi-triliunan dolar AS. Pasalnya, secara global tingkat konsumsi umat Muslim dunia bisa mencapai USD1,9 triliun. Dengan kata lain, kurang lebih sekitar 60 persennya merupakan sektor makanan dan minuman halal.

(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id