BUMN Diharapkan Bisa Bangkit di Masa Pandemi

    Eko Nordiansyah - 10 Oktober 2020 17:30 WIB
    BUMN Diharapkan Bisa Bangkit di Masa Pandemi
    Ilustrasi - - Foto: Kementerian BUMN
    Jakarta: Managing Partner Havara Consulting Ade Ahmad Rozi mengatakan pandemi covid-19 bisa menjadi peluang bagi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk meningkatkan kinerja.

    BUMN dapat memanfaatkan pandemi untuk melakukan inovasi bisnis, sehingga menghapus model bisnis yang tidak relevan. Apalagi sebanyak 90 persen perusahaan pelat merah terdampak dan hanya 10 persen yang mampu menghasilkan laba.

    "Perlu identifikasi seluruh bisnis proses yang ada dan menerapkan strategi core. Mana yang akan kita lanjutkan, mana yang perlu di-outsource, mana yang perlu di-redesign dengan pendekatan digitalisasi dan mana yang perlu dieliminasi," katanya dalam seminar virtual, Sabtu, 10 Oktober 2020.

    Ia menambahkan dalam kondisi tersebut perusahaan bisa mengidentifikasi biaya-biaya yang tidak diperlukan dalam bisnisnya. Salah satunya pemanfaatan teknologi yang akan mempercepat proses pekerjaan, sehingga kedepannya BUMN bisa melakukan ekspansi.

    "Jadi pengalaman kami di salah satu BUMN itu, mereka melakukan konsolidasi, melakukan e-office. Ini sesungguhnya mereka lakukan jauh sebelum pandemi terjadi. Jadi seluruh surat menyurat mereka lakukan secara e-office," jelas dia.

    Ade menceritakan penerapan e-office tersebut bahkan mampu menghemat biaya mencapai Rp9 miliar ongkos tinta maupun kertas. Dengan dukungan infrastruktur teknologi dan internet yang saat ini ada, seharusnya ini bisa dimanfaatkan oleh para BUMN di masa pandemi.

    "Tentu ini sangat dimungkinkan karena saat ini kita memiliki teknologinya, sudah ada internet. Hal-hal seperti ini yang kita perlukan agar kemudian pada saat sudah selesai masa pandemi, proses bisnis yang ada akan semakin linked, simpel," ungkapnya.


    (Des)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id