Pedagang di Manado Dirangkul Adopsi Pembayaran Nontunai

    Ilham wibowo - 02 Oktober 2020 10:50 WIB
    Pedagang di Manado Dirangkul Adopsi Pembayaran Nontunai
    Ilustrasi. FOTO: Medcom.id
    Manado: Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mendorong para pedagang di pasar tradisional Manado, Sulawesi Utara (Sulut) menggunakan metode transaksi cashless atau nontunai. Efisiensi berbelanja secara nontunai atau nirsentuh bisa sekaligus menekan potensi penularan pandemi covid-19.

    "Kemendag mendukung langkah yang dapat meningkatkan pelaksanaan protokol kesehatan. Metode pembayaran nontunai ini menunjang protokol kesehatan," kata Jerry, dalam sambutannya di Pasar Bersehati Manado yang disiarkan secara virtual, Jumat, 2 Oktober 2020.

    Menurut Jerry penanganan kesehatan tetap jadi prioritas utama dan aktivitas di pasar perlu tetap berjalan dengan protokol kesehatan. Peningkatan kesadaran masyarakat untuk menggunakan teknologi digital dalam bertransaksi akan sangat bermanfaat.

    "Menurut WHO kontak fisik itu meningkatkan penularan dan dengan metode cashless ini bisa meminimalisasi dan membuat transaksi lebih aman dan praktis, sudah kita praktikan sama-sama," ujarnya.

    Sementara itu, Presiden Direktur OVO Karaniya Dharmasaputra mengatakan pihaknya siap mendukung pedagang pasar tradisional di wilayah timur Indonesia untuk bertransformasi menggunakan teknologi digital. Potensi peningkatan usaha bisa didapat lantaran terhubung dengan jaringan pasar dan akses pembiayaan yang lebih luas.

    "Kami hadir di Manado mendukung program digitalisasi pasar dan semoga berlangsung juga di daerah lain," pungkas Karaniya.

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id