Sebagian Nelayan Cilacap Mulai Melaut Pascacuaca Ekstrem

    Antara - 17 Februari 2021 18:12 WIB
    Sebagian Nelayan Cilacap Mulai Melaut Pascacuaca Ekstrem
    Nelayan. Foto : Medcom.



    Purwokerto: Sebagian nelayan di pesisir selatan Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, mulai melaut setelah libur selama beberapa pekan akibat cuaca ekstrem.

    "Sebagian sudah mulai berangkat melaut. Mungkin sekitar 30-40 persen nelayan sudah mulai melaut," kata Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Cilacap Sarjono, saat dihubungi, dikutip dari Antara, Rabu, 17 Februari 2021.






    Ia mengatakan hal itu dilakukan setelah beberapa nelayan mencoba berangkat melaut dan hasil tangkapannya tergolong bagus, sehingga nelayan lainnya ikut melaut.

    Menurut dia, hasil tangkapan nelayan tersebut berupa ikan layur dan bagi yang beruntung bisa pulang dengan membawa hasil hingga 200 kilogram. Akan tetapi bagi nelayan yang tidak beruntung, kata dia, pulang melaut hanya membawa hasil tangkapan 30-50 kilogram ikan layur.

    "Tergantung pada posisinya. Kalau posisinya (lokasi saat menebar jaring) tidak tepat, otomatis hasilnya berkurang," ungkapnya.

    Terkait dengan harga ikan layur, Sarjono mengatakan hal itu tergantung pada ukuran ikannya dan saat sekarang tergolong tinggi karena mencapai kisaran Rp12 ribu per kilogram hingga Rp38 ribu per kilogram.

    Kendati demikian, dia mengimbau nelayan yang berangkat melaut untuk tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya gelombang tinggi karena saat sekarang masih berlangsung musim angin baratan.

    "Angin barat ini datangnya secara tiba-tiba, terus membawa gelombang (tinggi), apalagi kalau ada hujannya," pungkasnya.

    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id