Covid-19 Ganggu Investasi EBT

    Suci Sedya Utami - 28 Juli 2020 20:02 WIB
    Covid-19 Ganggu Investasi EBT
    Ilustrasi EBT. Foto: Antara/Idhad Zakaria
    Jakarta: Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan pandemi covid-19 berdampak pada investasi di sektor EBT pada tahun ini.

    Dirjen EBTKE FX Sutijastoto mengatakan pihaknya hingga saat ini mesih mengkaji kembali potensi atau perkiraan ketercapaian investasi hingga akhir tahun yang diakui Toto mengalami penurunan. Pada tahun ini, investasi EBT ditargetkan sebesar USD2,3 miliar.

    "Memang dengan kondisi ekonomi sekarang ini investasi menurun, kita sedang lakukan evaluasi dari situasi ini," kata Toto dalam konferensi pers, Selasa, 28 Juli 2020.

    Namun, Toto meyakini investasi akan kembali meningkat tahun depan sejalan dengan pandangan global yang mulai beralih pada energi bersih dan ramah lingkingan sehingga membuat prospek EBT lebih cerah. Toto mengatakan para investor global dari berbagai negara seperti Inggris, Prancis, serta Jepang masih sangat optimis dengan potensi EBT di Indonesia. Apalagi pemerintah saat ini tengah mendorong pengembangan mobil listrik berbasis baterai.

    "Yang menghasilkan baterai ini permintaannya luar biasa, dengan perkembangan EV di luar negeri yang luar biasa, salah satu komponen baterai yakni nikel itu ada di kita. Ini merupakan strategic positioning yang bisa kita lakukan untuk investasi EBT," ujar dia.

    Terlebih, pemerintah juga tengah menyusun regulasi  terkait tarif EBT untuk pembangkit. Kehadiran Peraturan Presiden (Perpres) tersebut nantinya diharapkan akan menggairahkan investasi yang lebih masif  di sektor EBT. Selain itu, lanjut Toto, pemerintah pun memberikan insentif bagi dana-dana murah yang datang untuk mendorong pengembangan EBT di Tanah Air.

    "Kebijakan prioritas itu juga harus membangun kepercayaan kepada investor, maka perlu insentif juga, tahap awal memang pemerintah harus lebih banyak berperan sehingga investor percaya," jelas dia.

    (DEV)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id