Covid-19 Beri 'Kejutan' bagi Dunia Bisnis

    Fajar Nugraha - 16 Juni 2020 16:37 WIB
    Covid-19 Beri 'Kejutan' bagi Dunia Bisnis
    Wakil Ketua Umum Bidang Hubungan Internasional Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Shinta Kamdani. Foto: Medcom.id/Ilham Wibowo.
    Jakarta: Wakil Ketua Umum Bidang Hubungan Internasional Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Shinta Kamdani menyatakan dampak kondisi covid-19 cukup berat.

    "Covid-19 memberikan dampak bagi seluruh sektor di Indonesia, demand dan suplai di dunia bisnis shock," ujar Shinta dalam diskusi 'Adapting to the New Normal with a Bold Look Forward' yang diadakan Indonesia Global Compact Network (IGCN), secara virtual, Selasa, 16 Juni 2020.

    Menurut Shinta, angka retail saat ini sudah turun hingga minus 11 persen. Sementara dari sisi supply sudah mencapai 27,5 persen. Dia menuturkan angka ini merupakan yang paling rendah dalam 10 tahun terakhir.

    "Sektor pariwisata menjadi perhatian. Sejak awal pandemi, hotel-hotel sudah banyak yang tutup. Belum lagi meningkatnya angka pengganguran akibat pandemi covid-19," tambah dia dalam diskusi yang berlangsung pada pertemuan UN Global Compact 20th Anniversary Summit itu.

    Shinta mengatakan tingkat kekhawatiran dari kalangan bisnis adalah meningkatnya angka pengangguran bisa memicu meningkatnya angka kemiskinan.

    Menurut Shinta, tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) yang dicanangkan PBB adalah memerangi kemiskinan. "Jadi covid-19 ini bisa membuat angka kemiskinan bertambah," tuturnya.

    (AHL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id