Pelaku UMKM Perlu Perencanaan Matang Hadapi Pandemi Covid-19

    Ilham wibowo - 06 September 2020 17:09 WIB
    Pelaku UMKM Perlu Perencanaan Matang Hadapi Pandemi Covid-19
    Ilustrasi UMKM. Foto: Antara/Maulana Surya
    Denpasar: Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki menekankan agar pelaku usaha bersiap diri menghadapi tekanan pandemi covid-19 yang diperkirakan akan berlangsung lebih lama. Perencanaan usaha perlu dimitigasi ulang agar bisa bertahan.

    "Hitungan kami, situasi berat ini masih akan kita hadapi dalam rentang satu hingga dua tahun mendatang sampai betul-betul pulih. Karena itu perencanaan usaha dan perencanaan konsumsi harus dihitung betul oleh pelaku usaha dan masyarakat," kata Teten melalui keterangan tertulisnya, Minggu, 6 September 2020.

    Tak hanya bisnis UMKM, kata Teten, sektor koperasi juga harus mendapatkan bimbingan untuk perencanaan matang dan spirit yang tinggi. Menurut Teten, kekuatan ekonomi Indonesia sangat tergantung pada kekuatan ekonomi domestik.

    “Terutama yang bisa menjawab tiga hal, yaitu penyediaan pangan, lapangan kerja, dan kesehatan. Semua kriteria itu ada di sektor UMKM," ungkapnya.

    Teten menambahkan bahwa pemerintah sangat mendorong UMKM untuk dapat bertahan dan melakukan adaptasi usaha di program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Produktivitas dan daya serap sektor penyumbang PDB terbesar negara tersebut perlu dijaga.

    "Pemerintah melalui PEN sangat mendorong UMKM agar bisa bertahan dan beradaptasi. Jika dikombinasikan dengan pembiayaan murah, dengan bansos, penjaminan kredit, dan resi gudang, maka pemulihan bisa segera diwujudkan,” ujar Teten.

    (DEV)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id