LittleThoughts Planner, Party Planner Sukses Berjualan Face Shield saat Pandemi

    Gervin Nathaniel Purba - 11 Juni 2020 15:39 WIB
    LittleThoughts Planner, Party Planner Sukses Berjualan Face Shield saat Pandemi
    Jasa penyelenggara pesta LittleThoughts Planner terpanggil membantu memproduksi alat pelindung diri (APD) berupa pelindung wajah (face shield)
    Jakarta: Bentuk dukungan terhadap tenaga medis dalam memerangi wabah virus corona (covid-19) tidak pernah surut. Bantuan terus mengalir dari berbagai pihak. Jasa penyelenggara pesta LittleThoughts Planner turut terpanggil membantu.

    LittleThoughts Planner telah berdiri sejak 2011. Fokus mereka ialah mendesain sebuah pesta (party planner). Mulai dari konsep dan tema pesta, hingga seluruh peralatan penunjang pesta.

    Pada masa pandemi covid-19 ini, LittleThoughts Planner terpanggil untuk membantu tenaga medis. Salah satu upaya yang mereka lakukan ialah memproduksi alat pelindung diri (APD) berupa pelindung wajah (face shield).

    Mereka membuat face shield dengan memanfaatkan bahan-bahan yang biasanya digunakan untuk kebutuhan pesta. Dalam memproduksi alat pelindung wajah, Little Thoughts Planner bekerja sama dengan 10 perajin lokal dan mampu memproduksi sebanyak 30.000 alat pelindung wajah.

    “Kami sebar ke seluruh wilayah Indonesia, hingga ke Papua menggunakan helikopter Hercules,” ujar Founder LittleThoughts Planner Ola Harika Rachman.

    Dari situ, hasil inovasi mereka mendapat respons positif, terutama dari teman-temannya. Lalu, permintaan pun berdatangan dari berbagai pihak.

    "Akhirnya, kami pun menghadirkan face shield LittleThoughts Planner secara daring yang bisa dibeli siapa pun lewat Tokopedia,” katanya.

    LittleThoughts Planner, Party Planner Sukses Berjualan Face Shield saat Pandemi

    Dia menegaskan tidak ada target khusus. Setiap orang yang membutuhkan alat pelindung wajah bisa menggunakan produknya.

    "Dengan adanya alat pelindung wajah ini, diharapkan masyarakat bisa bergerak secara leluasa, aman, dan tenang. Bukan berarti saya menyuruh masyarakat keluar rumah ya. Yang saya maksud adalah kalau harus ke supermarket, beli kebutuhan pokok, atau terpaksa berkegiatan di luar rumah. Kami juga tidak menganjurkan keluar rumah. Maka kami pun menyediakan alat pelindung wajah ini hanya secara daring, yaitu melalui Tokopedia,” ujarnya.

    Sejauh ini, masyarakat antusiasi terhadap produk yang dijual ini. Banyak yang beli secara kombinasi untuk dewasa dan anak-anak.

    LittleThoughts Planner, Party Planner Sukses Berjualan Face Shield saat Pandemi

    Dalam proses pengirimannya, LittleThoughts Planner mengemasnya dalam sebuah kotak khusus agar barang tetap higenis. Terlebih, banyak permintaan dari seluruh wilayah Indonesia.

    "Mudah-mudahan dengan kemudahan mencari barang, face shield kami bisa membantu banyak orang di luar sana dalam memutus rantai penyebaran virus Corona,” tuturnya.
    Saat ini, 

    Sikap yang ditunjukkan oleh LittleThoughts layak diberikan apresiasi. Hal ini menunjukkan Indonesia mampu memproduksi alat pelindung wajah sendiri tanpa harus bergantung pada negara lain.

    LittleThoughts Planner, Party Planner Sukses Berjualan Face Shield saat Pandemi

    Upaya ini perlu didukung penuh oleh berbagai pihak, khususnya pemerintah, agar UMKM lain mampu mengikuti jejak LittleThoughts Planner. Saat ini, pemerintah bersama Tokopedia menunjukkan dukungan tersebut melalui gerakan nasional #BanggaBuatanIndonesia.

    Gerakan nasional #BanggaBuatanIndonesia yang diinisiasi oleh pemerintah bekerja sama dengan Tokopedia dan beberapa platform digital lainnya, bertujuan mendorong masyarakat untuk membuat produk berkualitas dan menjualnya secara daring.

    Pada peluncuran gerakan nasional #BanggaBuatanIndonesia, Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa bangsa Indonesia harus mampu bertumpu pada kekuatan kita sendiri, berdiri di atas kaki sendiri, mampu menyelesaikan masalah, dan tantangan sendiri. Dengan begitu, masa-masa sulit pada pandemi ini bisa teratasi.

    LittleThoughts Planner, Party Planner Sukses Berjualan Face Shield saat Pandemi

    "Pandemi tidak menghalangi kita untuk berkreasi. Keterbatasan justru mendorong kita untuk tetap berinovasi, mendorong kita bertransformasi, menggali potensi diri dan menciptakan peluang. Kita berupaya keras agar pandemi ini cepat berlalu, kita harus saling menjaga, saling mendukung dan saling membantu agar ekonomi kita tidak terkapar dengan membeli karya dan produk-produk Indonesia,” ujar Jokowi.

    CEO dan Founder Tokopedia William Tanuwijaya menjelaskan, gerakan #BanggaBuatanIndonesia ini sejalan dengan misi Tokopedia dalam mendorong pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia. Selama hampir 11 tahun, Tokopedia konsisten hanya memfasilitasi transaksi domestik.

    “Artinya 100 persen penjual di Tokopedia berdomisili di Indonesia. 94 persennya adalah penjual berskala ultra mikro. Saat ini, sudah ada hampir delapan juta masyarakat Indonesia yang telah memulai dan mengembangkan bisnis mereka bersama Tokopedia,” kata William.

    Dukungan Tokopedia akan gerakan nasional #BanggaBuatanIndonesia ini bertujuan mengakselerasi adopsi digital bagi para pelaku usaha, khususnya UMKM. Hal ini agar bisnis yang masih sepenuhnya dikelola luring, dapat segera beroperasi kembali dengan membuka kanal daring.

    (ROS)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id