Kemudahan Akses Kredit Dipercaya Dorong Penjualan UMKM

    Ilham wibowo - 20 Juli 2020 15:31 WIB
    Kemudahan Akses Kredit Dipercaya Dorong Penjualan UMKM
    Ilustrasi. Foto: Antara/Maulana Surya
    Jakarta: Menteri Perdagangan Agus Suparmato menyebutkan bahwa kapasitas usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) bakal meningkat melalui program digital kredit UMKM (DigiKu). Kemudahan akses permodalan akan mendukung transformasi usaha lantaran konsumen yang mulai beralih berbelanja secara daring.

    "Kemudahan dalam memperoleh permodalan juga diperlukan bagi UMKM agar dapat terus memenuhi persediaan produk, serta meningkatkan skala usahanya di platform digital,” ujar Agus melalui keterangan tertulisnya, Senin, 20 Juli 2020.

    Agus mengharapkan, pemberian kemudahan kredit kepada UMKM dapat meningkatkan jumlah pelaku usaha yang memproduksi produk dalam negeri dan berjualan di platform niaga elektronik. Kemudahan akses permodalan akan terukur lewat keterlibatan perbankan yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) dalam mengidentifikasi UMKM yang memproduksi maupun menjual produk dalam negeri.

    “Kemendag mengusulkan pemberian kredit melalui program DigiKu memprioritaskan penyalurannya kepada UMKM yang memproduksi produk dalam negeri dan reseller yang mendukung penjualan produk dalam negeri,” ujarnya.

    Menurut Agus, digitalisasi mampu membantu pelaku UMKM dalam situasi pandemi saat ini maupun di masa depan dan tidak hanya menjadi obat sesaat saja, melainkan dapat berkelanjutan. Ia yakin akselerasi bisnis UMKM bisa terlaksana karena sistem digital bersifat cepat dan lebih aman.

    “Kemendag memiliki program-program penguatan desain dan penjaminan kualitas. Kami juga bekerja sama dengan komunitas dan pengelola platform niaga elektronik untuk memantau UMKM yang bisnisnya di platform digital benar-benar berkembang,” ungkapnya.

    Lebih lanjut, Agus menyampaikan bahwa UMKM Indonesia akan semakin unggul dan berdaya saing dengan kesiapan modal yang lebih kuat. Konsumsi produk dalam negeri diharapkan terus meningkat.

    “Ayo beli produk dalam negeri, beli satu tumbuh seribu. Dengan membeli satu produk UMKM, maka diharapkan akan tumbuh UMKM-UMKM lain yang terdorong membuat dan menjual produk hasil karya anak bangsa,” pungkasnya.

    (DEV)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id