Pembangunan Embung Berikan Pekerjaan Tambahan bagi Petani

    Gervin Nathaniel Purba - 14 Juni 2021 21:02 WIB
    Pembangunan Embung Berikan Pekerjaan Tambahan bagi Petani
    Ilustrasi embung. (Foto: MI/Lilik)



    Lamongan: Pembangunan embung oleh Kementerian Pertanian (Kementan) untuk Kelompok Tani Barokah Sendangharjo, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur (Jatim), berhasil meningkatkan indeks pertanaman (IP). Hal ini turut membuka lapangan pekerjaan tambahan bagi para petani.

    "Bentuk pengerjaan embung ini swadaya petani. Tenaga kerja juga dari petani. Sejak keberadaan embung ini, IP meningkat," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Lamongan, Sujarwo, dalam keterangan tertulis, Senin, 14 Juni 2021.

     



    Semenjak dibangunkan embung, IP padi saat ini 100, IP jagung 200, IP cabai rawit 100, IP semangka 200, dan IP tomat 200. Embung juga berperan dalam meningkatkan produktivitas pertanian. 

    "Untuk produksi padi lima ton per hektare (ha), jagung lima ton per ha, cabai rawit enam ton per ha, semangka 25 ton per ha, dan tomat 15 ton per ha," kata Sujarwo.

    Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Ali Jamil menambahkan, keberadaan embung menjadi faktor penting bagi petani untuk meningkatkan produktivitasnya. Sebab, embung memberikan pasokan air stabil kepada lahan sawah, sehingga perkembangan budidaya padi petani berjalan dengan baik.

    "Ada tiga aspek dari keberadaan embung ini, yaitu produktivitas, peningkatan IP pertanian, dan meningkatnya kesejahteraan petani," ujar Ali.

    Ali menerangkan, embung itu adalah water management. Embung berfungsi mengatur air, baik air hujan maupun air tanah. 

    "Embung bukan hanya bisa dimanfaatkan untuk mengairi lahan di sawah, tetapi juga bisa untuk mendukung aktivitas perkebunan, hortikultura, dan juga ternak. Kami harapkan embung bisa dimanfaatkan untuk mendukung peningkatan pendapatan petani," ujarnya.

     


    (ROS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id