Kemnaker Imbau Perusahaan Bisa Semakin Terbuka bagi Penyandang Disabilitas

    Eko Nordiansyah - 04 Agustus 2021 17:26 WIB
    Kemnaker Imbau Perusahaan Bisa Semakin Terbuka bagi Penyandang Disabilitas
    Ilustrasi. Foto: Medcom.id/Hendrik Simorangkir



    Jakarta: Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mengimbau kepada perusahaan untuk membuka kesempatan bagi para pekerja penyandang disabilitas. Perusahaan diminta ikut memberikan akses kesempatan kerja bagi para penyandang disabilitas.

    "Mengingat mereka berhak berpartisipasi dan berperan serta dalam pembangunan untuk mencapai kemandirian dan meningkatkan kesejahteraan ekonominya," kata Direktur Jenderal Binapenta dan Perluasan Kesempatan Kerja (PKK) Kemnaker Suhartono di Jakarta, Rabu, 4 Agustus 2021.

     



    Ia menambahkan, pemerintah diwajibkan untuk mendukung dan memberikan apresiasi kepada dunia usaha yang mempekerjakan penyandang disabilitas. Hal ini sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.
     
    Dalam upaya mewujudkan komitmen kesamaan hak dan kesempatan kerja bagi penyandang disabilitas, pemerintah melakukan percepatan penyelenggaraan Unit Layanan Disabilitas (ULD) Bidang Ketenagakerjaan kepada tenaga kerja, maupun pemberi kerja yang mempekerjakan penyandang disabilitas.

    Suhartono menyebut, dengan adanya ULD akan semakin membuktikan tenaga kerja penyandang disabilitas bukan hanya memiliki hak, tetapi merupakan sumber daya manusia (SDM) yang mampu bekerja dengan etos kerja sangat baik, produktif.

    "Lebih dari itu mempekerjakan penyandang disabilitas mampu memberikan benefit/nilai tambah terhadap reputasi, prestise, dan nama baik perusahaan, sebagai entitas yang berkomitmen mewujudkan dunia kerja inklusif, dalam penghormatan asas kesetaraan," ungkapnya.

    Selain itu, pemberian penghargaan dalam berbagai bentuk diharapkan dapat memotivasi perusahaan pemberi kerja untuk terus berkomitmen dan semakin terbuka mewujudkan perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas dalam bidang ketenagakerjaan.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id