Pertamina Cari Mitra Kaya untuk Kelola Blok Rokan

    Suci Sedya Utami - 22 Juli 2021 18:28 WIB
    Pertamina Cari Mitra Kaya untuk Kelola Blok Rokan
    Blok Rokan. Foto : SKK Migas.



    Jakarta: PT Pertamina (Persero) sedang mencari mitra untuk bersama-sama mengelola Blok Rokan. Perseroan melalui anak usahanya Pertamina Hulu Rokan (PHR) bakal mengelola blok minyak yang terletak di Riau, Sumatra Selatan itu mulai Agustus 2021.

    Direktur Utama PHR Jaffee A Suardin mengatakan saat ini proses pencarian mitra tengah ditangani oleh Subholding Hulu atau Upstream Pertamina. Ia bilang semua proses bisnis akuisisi ataupun divestasi ditangani oleh subholding atau Pertamina Hulu Energi (PHE) lantaran proyek ini bernilai investasi besar.

     



    "Ini subholding yang masih memproses, pencarian mitra terus dijalankan," kata Jaffee dalam webinar menjaga keandalan operasi Wilayah Kerja Rokan, Kamis, 22 Juli 2021.

    Jaffee mengatakan meskipun nantinya akan ada pelepasan saham atau kepemilikan, Pertamina tetap menjadi pemilik mayoritas. Kendati demikian dirinya tidak menyebutkan berapa porsi yang akan dilepas pada mitra. Namun selain Pertamina dan mitra, nantinya akan ada hak partisipasi (participating interest/PI) 10 persen untuk pemerintah daerah.

    Adapun kriteria mitra yang dicari oleh perseroan yakni tentunya yang memiliki satu visi yakni untuk mengembangkan Blok Rokan agar bisa meningkatkan produksi yang didukung oleh kemampuan dari sisi keuangan maupun teknologi.

    "Tentunya mempunyai kompetensi dan kemampuan finansial juga. Karena kita ingin men-develop semua potensi yang bisa kita develop," tutur Jaffee.

    Hal ini pun sejalan dengan arahan dari Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas). Wakil Kepala SKK Migas Fatar Yani Abdurrahman mengatakan meskipun hingga kini pihaknya belum mendapatkan laporan mengenai mitra, namun apabila masuk dalam  proses fit and proper test, maka SKK  juga akan mengecek mengenai kemampuan teknis dan finansial. Terlebih mitra tersebut harus menerapkan prinsip tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance/GCG).

    "Ketika mitra disodorkan yang penting dia punya kapabilitas teknis dan finansial," jelas Fatar.

    Sebelumnya dengan target pengeboran 44 sumur di Blok Rokan pada 2021, Pertamina menggelontorkan investasi sekitar USD80 juta. Pengeboran tersebut melanjutkan yang telah dilakukan oleh operator existing Chevron Pacific Indonesia (CPI) dengan target 100-200 sumur sejak Desember 2020-Juli 2021 dan bernilai investasi USD154 juta.


    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id