Ini Penyebab Langkanya Obat Terapi Covid-19

    Annisa ayu artanti - 21 Juli 2021 16:22 WIB
    Ini Penyebab Langkanya Obat Terapi Covid-19
    Ilustrasi obat terapi covid-19 - - Foto: Medcom



    Jakarta: Sekretaris Jenderal Gabungan Perusahaan Farmasi Indonesia (GP Farmasi) Andreas Bayu Aji membeberkan penyebab langkanya obat terapi covid-19. Kelangkaan tersebut dipicu oleh masalah suplai permintaan.

    Pada Juni 2021 lalu ketika kasus covid-19 mendadak tinggi permintaan obat terapi covid-19 pun meningkat, sementara ketersediaan obat belum siap.

     



    "Jadi itu masalah suplai dan demand sehingga ada yang bilang hilang, memang suplainya enggak siap," kata Andreas dalam diskusi virtual, Rabu, 21 Juli 2021.

    Selain itu, masalah teknis di bea cukai turut menjadi penyebab kelangkaan lantaran 90 persen bahan baku obat sempat tertahan dan tidak langsung tersalurkan.

    "Minggu lalu sempat terkendala karena bahan baku beberapa produk impor obat. Tapi sudah solve, karena waktu itu sempat ada problem terkait sistem di sana, tapi secara prinsip dari Bea Cukai sudah banyak membantu," ucapnya.

    Untuk memastikan ketersediaan obat terapi covid-19 ke depan, lanjut Andreas, dalam dua minggu terakhir GP Farmasi Indonesia telah meningkatkan kapasitas produksi. Bahkan, beberapa pabrik obat telah menerapkan tiga shift untuk memenuhi obat-obatan tersebut.

    "Kami sudah bicara dengan Kemenkes kita akan berupaya lah dua-tiga minggu lagi persediaan obat stabil lagi," pungkas dia.


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id