Penerima Kartu Prakerja Didorong Punya Mindset Kewirausahaan

    Nia Deviyana - 15 November 2020 20:38 WIB
    Penerima Kartu Prakerja Didorong Punya <i>Mindset</i> Kewirausahaan
    Ilustrasi kartu prakerja. Foto: Medcom.id
    Jakarta: Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Rudy Salahuddin mengatakan pemerintah mendorong kesadaran masyarakat akan pentingnya peningkatan keterampilan dan keahlian secara berkelanjutan.

    Hal ini ia sampaikan saat peresmian Rumah Siap Kerja yang menjadi salah satu anggota yang siap memberikan pelatihan kepada penerima kartu prakerja.

    "Masyarakat harus sadar bahwa kebutuhan pasar kerja selalu berubah mengikuti perkembangan zaman. Kita tidak bisa puas dengan keahlian dan keterampilan yang kita miliki saat ini,” ujar Rudy melalui keterangan resminya, Minggu, 15 November 2020.

    Rudy menambahkan bahwa saat ini masih banyak penerima kartu prakerja yang belum maksimal menggunakan saldo bantuan pelatihan.

    "Dengan semakin banyaknya pilihan Pelatihan, termasuk yang akan diselenggarakan oleh Rumah Siap Kerja, diharapkan para penerima kartu prakerja dapat semakin termotivasi untuk memanfaatkan bantuan tersebut dengan maksimal," tambah Rudy.

    Pada kesempatan yang sama, founder Rumah Siap Kerja Sandiaga Uno mengatakan pentingnya mindset kewirausahaan dibangun di kalangan anak muda indonesia.

    "Anak muda dengan segala potensinya, sangatlah mampu melihat peluang bisnis baru, apalagi di era digital ini. Melalui kewirausahaan, kita tidak hanya membuka peluang kerja untuk diri sendiri, namun juga untuk orang lain. Kita perlu mengakselerasi terciptanya lapangan kerja yang seluas-luasnya, khususnya dari, oleh dan untuk Anak Muda," ujarnya.

    Untuk membangkitkan semangat siap kerja anak muda Indonesia, Sandiaga Uno mengajarkan pelatihan kewirausahaan dari pengalaman pribadinya secara langsung melalui RSK Masterclass yang bertajuk Kunci Sukses Pengusaha Tangguh & Kreatif bersama Sandiaga Uno.

    Program ini dapat diakses menggunakan Kartu Prakerja karena saat ini Rumah Siap Kerja juga telah menjadi bagian dalam program Kartu Prakerja. Kolaborasi ini dilakukan sebagai wujud dukungan kepada program Kartu Prakerja yang memiliki tujuan untuk meningkatkan skill masyarakat Indonesia sehingga dapat bersaing dalam dunia kerja.

    "Kami di Rumah Siap Kerja melihat kartu prakerja ini dapat membantu misi kami dalam meningkatkan skill anak muda Indonesia, khususnya dalam berwirausaha," ujar CEO dari Rumah Siap Kerja Roestiandi Tsamanov.

    Menghadirkan Sandiaga Uno sebagai pengajar dalam kelas kewirausahaan, Rumah Siap Kerja berharap dapat meningkatkan semangat dan keberanian anak muda Indonesia untuk memulai usaha dari sekarang. Kelas kewirausahaan Sandiaga Uno ini sudah dapat dibeli melalui Tokopedia dan website rumah siap kerja.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id