Pandemi Justru Bikin Cash Flow BPJS Kesehatan Naik, Kok Bisa?

    Eko Nordiansyah - 12 April 2021 16:07 WIB
    Pandemi Justru Bikin <i>Cash Flow</i> BPJS Kesehatan Naik, Kok Bisa?
    BPJS Kesehatan mencatat kenaikan cash flow selama tahun lalu mencapai Rp18,7 triliun. Foto: Antara/Galih Pradipta.



    Jakarta: BPJS Kesehatan mencatat kenaikan cash flow selama tahun lalu mencapai Rp18,7 triliun. Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti mengatakan, hal ini terjadi karena adanya penurunan peserta yang datang ke rumah sakit akibat pandemi covid-19.

    "Jadi menarik, pada waktu pandemi ini dari sisi BPJS itu cash flow-nya naik karena tidak semua orang datang ke rumah sakit dan datang pun kalau perlu," kata dia dalam Audiensi Media Grup dengan Direksi BPJS Kesehatan secara daring di Jakarta, Senin, 12 April 2021.






    Ia menambahkan, hal ini tentu bisa menjadi pelajaran bagi BPJS Kesehatan ke depannya agar mengkampanyekan agar masyarakat menjaga kesehatannya. Dengan begitu, klaim kesehatan yang selama ini membuat BPJS Kesehatan selalu defisit bisa semakin dikurangi.

    "Yang menarik fenomena kalau ke rumah sakit kalau perlu itu harus kita kembangkan, bagaimana masyarakat kita sadar rumah sakit bukan tempat hiburan, bagaimana menjaga diri agar tidak sakit. Jadi pencegahan itu jauh lebih baik daripada mengobati," ungkapnya.

    Menurut Ali, perlu adanya perubahan mindset masyarakat agar menyadari bahwa kesehatan itu mahal sehingga harus betul-betul dijaga. Dengan kondisi masyarakat yang semakin sehat, maka negara akan semakin kuat, sehingga pembangunan bisa optimal.

    Disisi lain, ia menyebut, BPJS Kesehatan memang tidak menanggung klaim covid-19 karena ini merupakan wabah nasional sehingga ditanggung langsung oleh negara. Meski begitu, BPJS Kesehatan tetap berkontribusi dalam penanganan covid-19 selama pandemi berlangsung.

    "Kami BPJS membantu verifikasi klaim covid-19 sesuai dengan ketentuan. Kedua, penyediaan data peserta penerima vaksinasi covid-19 sesuai ketentuan. Dan yang terakhir adalah utilisasi sistem informasi aplikasi P-Care di seluruh FKTP yang bekerja sama," pungkas dia.
     

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id