BI Gorontalo Jadikan Kelompok Hasrat Desa Dumati Pilot Project Pertanian Digital

    Antara - 29 Oktober 2020 10:29 WIB
    BI Gorontalo Jadikan Kelompok Hasrat Desa Dumati <i>Pilot Project</i> Pertanian Digital
    Ilustrasi. FOTO: Dok MI/PANCA SYURKANI
    Gorontalo: Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Gorontalo akan menjadikan kawasan pertanian cabai rawit Kelompok Hasrat Desa Dumati, Kabupaten Gorontalo sebagai pilot project pengembangan teknologi digital farming di provinsi itu.

    Kepala KPw BI Gorontalo Budi Widihartanto mengatakan Kelompok Hasrat memiliki luas lahan panen cabai dua hektare (ha), dengan didukung oleh beragam fasilitas dan sarana pertanian seperti green house, teknologi pengairan, sprinkle, dan sistem pemupukan organik MA-11.
     
    "Dalam pelaksanaannya nanti, BI Provinsi Gorontalo akan melaksanakan proses monitoring secara rutin untuk menjamin keberhasilan pilot project digital farming klaster cabai rawit Hasrat," tuturnya, dikutip dari Antara, Kamis, 29 Oktober 2020.

    Budi meminta koordinasi yang baik dari kelompok Hasrat sehingga sasaran utama dari pelaksanaan kegiatan pilot project digital farming dapat tercapai. Ia mengatakan program pengembangan UMKM merupakan salah satu implementasi dari visi BI yaitu menjadi bank sentral yang berkontribusi nyata terhadap perekonomian.

    "Adapun bentuk dari program pengembangan UMKM yang dilakukan adalah program pengembangan klaster komoditas inflasi utama dan komoditas local champion," ujarnya.
     
    Dalam rangka pengembangan klaster komoditas inflasi utama, Bank Indonesia berupaya untuk melakukan berbagai langkah koordinatif baik di sisi kebijakan di stakeholder utama daerah maupun langkah inovatif penerapan teknologi terkini sektor pertanian seperti teknologi pertanian digital.

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id