Surveyor Indonesia Dorong Budi Daya Kopi Berkelanjutan

    Husen Miftahudin - 14 Januari 2022 22:49 WIB
    Surveyor Indonesia Dorong Budi Daya Kopi Berkelanjutan
    Ilustrasi. Foto: MI/Haryo Prasetyo



    Jakarta: PT Surveyor Indonesia mendukung budi daya kopi berkelanjutan dengan bantuan pembuatan greenhouse untuk penyemaian dan penanaman bibit kopi di Rancamaya, Bogor Selatan. Hal tersebut dilakukan perusahaan melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

    "Surveyor Indonesia menanamkan 300 bibit kopi yang berusia tujuh bulan pada lahan awal seluas satu hektare, dan menyiapkan sekitar 60 ribu bibit kopi robusta yang akan disemai di greenhouse," ucap Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Surveyor Indonesia Rosmanidar Zulkifli dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 14 Januari 2022.

     



    Rosmanidar mengungkapkan biji kopi merupakan salah satu komoditi ekspor terbesar di Indonesia, lantaran memiliki struktur tanah yang baik sehingga cocok untuk budidaya kopi. Selain itu, banyaknya wilayah pegunungan menjadi kombinasi yang sempurna untuk pembudidayaan tanaman kopi.

    "Hingga saat ini Indonesia menjadi salah satu negara dengan penghasil biji kopi terbesar dan terbaik di dunia berdasarkan laporan Kementerian Perdagangan (Kemendag) 2021," imbuhnya.

    Karena itu, pembudidayaan tanaman kopi merupakan langkah tepat untuk membantu menyejahterakan masyarakat sekitar Kampung Pancasan Ngahiji Rancamaya yang terkena imbas pandemi covid-19.

    "Penyemaian dan penanaman 300 bibit kopi ini merupakan upaya untuk membantu kesejahteraan masyarakat. Semoga dengan diadakannya budidaya tanaman kopi mampu membuka lapangan pekerjaan dan membantu meningkatkan perekonomian warga Rancamaya," tuturnya.

    "Kegiatan penanaman bibit kopi ini merupakan salah satu kontribusi kami untuk mendukung program penghijauan di Indonesia. Semoga kegiatan ini juga dapat meningkatkan kualitas sirkulasi udara di daerah Rancamaya sebagai wujud melestarikan lingkungan sekitar," jelas dia.

    Adapun kegiatan penanaman 300 bibit kopi dan 60 ribu bibit yang disemai diharapkan dapat bermanfaat untuk warga sekitar. Surveyor Indonesia berharap ke depannya dapat berkontribusi untuk melakukan kegiatan penghijauan lainnya.

    "Hal tersebut sebagai wujud dukungan pada program-program pemerintah untuk melestarikan lingkungan dan memulihkan perekonomian di Indonesia," tutup Rosmanidar.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id