comscore

UMKM Didorong Gunakan VR Digital untuk Optimalkan Bisnis

Angga Bratadharma - 21 Januari 2022 17:22 WIB
UMKM Didorong Gunakan VR Digital untuk Optimalkan Bisnis
Ilustrasi. FOTO: Medcom.id
Jakarta: PT Jababeka Tbk melalui anak usahanya yakni Grahabuana Cikarang menjalin kerja sama dengan Ctrip 360 membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memaksimalkan bisnis mereka melalui platform digital. Optimalisasi digital di era sekarang diperlukan guna meningkatkan daya saing.

CEO PT CTRIP Technology Indonesia James Du mengatakan saat ini hampir semua orang memanfaatkan teknologi digital seperti berbelanja, mencari hotel, restoran, kafe, hingga kebutuhan medis. Melalui teknologi, UMKM akan mendapatkan peluang untuk mempromosikan usaha mereka lebih optimal di masa mendatang.
"Di tengah era digital saat ini tentunya banyak platform yang dapat digunakan para pelaku UMKM dalam memasarkan produk mereka dan salah satunya adalah VR digital. Namun banyak pelaku UMKM yang bahkan tidak mengetahui dan sulit memanfaatkan platform tersebut dengan baik," kata James, dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 21 Januari 2022.

Sementara itu, Managing Director Grahabuana Cikarang Marcus Lee menyambut baik adanya kerja sama ini. Diharapkan adanya VR digital ini dapat memajukan UMKM yang ada di sekitar Jababeka.

"Jika UMKM di sekitar Jababeka dapat memanfaatkan teknologi VR digital dengan menampilkan seluruh toko, pelanggan dapat berbelanja dengan mudah kapan saja dan di mana saja," tuturnya.

Tak dipungkiri, keberadaan teknologi kian hari semakin berguna untuk memudahkan hidup manusia. Salah satunya dengan fitur teknologi VR digital yang diakses menggunakan ponsel pintar. Dengan bantuan VR digital, memungkinkan pengguna berjalan-jalan, berbelanja, dan berlibur kapan saja dan di mana saja tanpa terbatas ruang dan waktu.

Masyarakat bisa bebas berkeliling di mal, restoran, hotel, dan tempat wisata dalam tampilan yang nyata hanya dengan mengakses teknologi ini melalui smartphone di mana saja. Bahkan, sambil berbaring di atas sofa pun konsumen bisa merasa seperti benar-benar sedang berbelanja di mal, pasar dan tempat lainnya.

VR digital untuk keperluan bisnis

Dengan menggunakan VR digital untuk keperluan bisnis, para pelaku UMKM akan semakin mudah mengoptimalkan pemasaran dengan memanfaatkan fitur teknologi yang tersedia. VR digital adalah tempat tujuan pelanggan untuk menemukan apa yang sedang mereka cari dan butuhkan, termasuk mencari toko sekaligus melakukan transaksi langsung melalui smartphone.

Sehingga penting bagi UMKM untuk menyediakan informasi tersebut agar kredibilitas di mata pelanggan meningkat. "Melalui VR digital ini nantinya pembeli bisa pergi ke toko yang ada di Kota Jababeka secara virtual dan order langsung hanya dari smartphone, kemudian tinggal tunggu barang datang ke rumah atau ke kantor," tutur Marcus.

Adapun keberadaan pandemi covid-19 mau tak mau memaksa sejumlah mal, pasar, dan UMKM untuk menutup operasi mereka. Kehadiran VR digital dapat menjadi angin segar bagi UMKM dalam memasarkan produk mereka saat new normal dan dengan pangsa pasar yang lebih luas karena menggunakan sistem berbasis daring.

"Kami berharap gebrakan ini menjadi awal dalam mendigitalisasikan UMKM melalui teknologi VR digital yang dimulai dari Kota Jababeka dan target kedepannya adalah memperluas VR digital ini agar dapat membantu UMKM di seluruh Indonesia," tutup James.

(ABD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id