comscore

Belum Lolos Seleksi Kartu Prakerja? Perhatikan Tips Ini

Eko Nordiansyah - 18 Maret 2022 18:15 WIB
Belum Lolos Seleksi Kartu Prakerja? Perhatikan Tips Ini
Ilustrasi pendaftaran Kartu Prakerja - - Foto: dok Kominfo
Jakarta: Pemerintah telah membuka pendaftaran peserta kartu prakerja hingga gelombang 24 yang dibuka mulai Kamis, 17 Maret 2022. Meski begitu, masih banyak masyarakat yang mengaku kesulitan untuk bisa lolos dalam seleksi penerimaan peserta Kartu Prakerja.
 
Dilansir dari Instagram resmi Prakerja, Jumat, 18 Maret 2022, ada beberapa tips yang bisa diperhatikan oleh para pendaftar. Setidaknya ada enam poin yang harus menjadi perhatian karena bisa jadi hal ini yang menyebabkan 'batu sandungan' calon peserta.
1. Pastikan memenuhi syarat
Calon penerima kartu prakerja harus merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) berusia 18 tahun ke atas. Tidak sedang menempuh pendidikan formal. Tidak menyandang status sebagai pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, ASN, prajurit TNI, anggota Polri, kepala desa, perangkat desa dan direksi/komisaris/dewan pengawas di BUMN atau BUMD.
 
Selain itu, peserta tidak terdaftar sebagai penerima bantuan dari pemerintah seperti Bansos Kemensos (DTKS), penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU), Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM), atau penerima kartu prakerja gelombang sebelumnya. Terakhir, dalam satu Kartu Keluarga (KK) hanya diperbolehkan maksimal dua orang anggota keluarga yang menjadi penerima Kartu Prakerja.
 
2. Pastikan mendaftar dengan e-mail dan nomor handphone aktif
 
Peserta yang ingin mendaftar Kartu Prakerja diwajibkan untuk memasukkan alamat e-mail dan nomor handphone saat membuat akun. Untuk itu, pastikan e-mail dan nomor handphone yang digunakan adalah aktif untuk menerima notifikasi apabila diterima sebagai penerima Kartu Prakerja.
 
3. Pastikan data yang dimasukkan saat pendaftaran sesuai data Dukcapil
 
Jika data tidak sesuai, dapat menghubungi Dukcapil melalui telepon 1500537, Whatsapp/SMS 08118005373, e-mail ke callcenter@dukcapil.kemendagri.go.id, atau kunjungi kantor Dukcapil terdekat untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut.
 
4. Unggah foto KTP dengan jelas, langsung dari kamera ponsel
 
Peserta disarankan untuk mengambil foto secara langsung bukan melalui galeri yang ada diponsel. Bagi yang mengakses lewat komputer juga disarankan untuk melanjutkan proses pendaftaran melalui browser yang ada di handphone.
 
5. Gunakan kamera ponsel saat swafoto verifikasi wajah
 
Pastikan wajah terlihat dengan pencahayaan yang cukup. Pastikan wajah memenuhi 80 persen dari frame foto (close up). Pastikan area wajah terlihat jelas tanpa menggunakan aksesoris seperti topi, kacamata, masker, dan lain-lain. Lalu foto yang diambil tidak disertai foto KTP.
 
6. Izinkan situs perambah mengetahui lokasi
 
Untuk tips yang terakhir ini peserta tinggal men-tap tombol allow pada saat notifikasi muncul. Biasanya notifikasi ini muncul ketika situs prakerja.go.id meminta izin untuk mengetahui lokasi pengguna.

(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id