IHSG 'Terkapar' Usai Anies Umumkan Jakarta PSBB Lagi

    Arif Wicaksono - 10 September 2020 09:41 WIB
    IHSG 'Terkapar' Usai Anies Umumkan Jakarta PSBB Lagi
    IHSG. Foto : MI.
    Jakarta: Seperti kebakaran, laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan pagi ini merah membara. IHSG bergerak dalam rentang 4.925 hingga level 5.084. Ini merupakan penurunan tajam dalam sehari sampai saat ini.

    IHSG dibuka melemah 4,21 persen atau 216 poin ke level 4.932. Volume perdagangan sebesar 1,7 miliar lembar saham dengan nilai Rp1,6 triliun. Frekuensi perdagangan sebesar 122 ribu. Sebanyak 31 saham naik dan 332 saham turun.

    Analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper mengatakan kekhawatiran yang tinggi terhadap kasus covid menjadi sentimen utama. Selain itu, penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diprediksi akan kembali mengganggu perekonomian.

    "Pergerakan masih dipengaruhi kekhawatiran akan tingginya kasus covid-19 di Indonesia yang akan kembali diberlakukan pembatasan yang akan memengaruhi perekonomian hingga akhir kuartal III-2020," kata Dennies dalam riset hariannya, Kamis, 10 September 2020.

    Sementara itu, Bloomberg merekam mata uang rupiah melemah Rp11 poin ke level Rp14.810 per USD. Yahoo Finance mencatat mata uang rupiah stagnan dengan berada pada level Rp14.850 per USD. 

    Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menarik pelonggaran pembatasan sosial berskala besar (PSBB) pada Senin, 14 September 2020. Pembatasan transisi dihapus dan dikembalikan seperti awal.
     
    "Tidak ada pilihan bagi Jakarta kecuali untuk menarik rem darurat sesegera mungkin," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu, 9 September 2020.
     
    Menurut dia, situasi pandemi di Jakarta masuk kategori darurat. Keputusan ini telah disepakati dalam rapat gugus tugas percepatan penanganan korona di Jakarta.

    (SAW)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id