Pemerintah Setop Kapal Penumpang Mulai Malam Ini

    Suci Sedya Utami - 23 April 2020 20:07 WIB
    Pemerintah Setop Kapal Penumpang Mulai Malam Ini
    Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melarang seluruh kapal laut untuk melayani penumpang mudik. Foto: Dok.MI
    Jakarta: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melarang seluruh kapal laut untuk melayani penumpang mudik. Larangan tersebut dibuat menyusul adanya kebijakan pelarangan mudik Lebaran 2020 sebagai langkah untuk mencegah penularan covid-19.

    "Sudah disiapkan larangan kapal penumpang mudik rencana akan mulai malam nanti pukul 00.00 24 April sampai 8 Juni 2020," kata Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub Agus H Purnomo dalam konferensi pers, Kamis, 23 April 2020.

    Agus mengatakan terdapat pengecualian operasional bagi kapal penumpang yang melayani pemulangan Tenaga Kerja Indonesia (TKI), para pekerja migran, serta Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di luar negeri. Izin operasional bagi pengecualian tersebut tentunya harus memenuhi beberapa syarat.

    Selain itu, kapal penumpang yang melayani pemulangan Anak Buah Kapal (ABK) WNI yang bekerja di kapal pesiar dan kapal niaga milik perusahaan domestik maupun asing juga masih diizinkan beroperasi.

    "Kemudian tentu kapal logistik juga untuk tenaga medis misalnya TNI, Polri, ASN dan lain-lain diberikan diskresi," ujar Agus.

    Untuk kapal TNI di daerah terpencil untuk angkutan mudik masih tetap beroperasi seperti biasanya. Misalnya orang yang tinggal di pulau ingin belanja ke kota atau nelayan mau melaut masih tetap bisa beroperasi.

    "Kita mulai preventifnya supaya kita bisa melaksanakan pelarangan mudik ini bisa dilaksanakan," jelas Agus.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id