New Normal, Indonesia Harus Beradaptasi dengan Ekosistem Baru

    Annisa ayu artanti - 16 Mei 2020 16:44 WIB
    <i>New</i> Normal, Indonesia Harus Beradaptasi dengan Ekosistem Baru
    Ilustrasi - - Foto: Antara/ Sigid Kurniawan
    Jakarta: Mantan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menilai Indonesia harus siap menghadapi kondisi normal baru atau new normal ketika virus korona tak menghilang. Roda ekonomi tetap harus bergerak mengikuti ekosistem baru.

    "Secara umum dunia bisnis seperti yang dikatalan Jack Ma (Pendiri Alibaba) tapi saya lihat disetiap kesusahan pasti ada kemudahan. Pasti Ada cerug-cerug (kesempatan)," katanya dalam video conference Katadata, Sabtu, 16 Mei 2020.

    Rudi mengungkapkan pandemi ini membuat semua berbagai sektor dan lapisan masyarakat belajar kembali untuk beradaptasi pada ekosistem baru. Contohnya, sektor pendidikan tetap berjalan dengan memanfaatkan teknologi.

    "Pendidikan contoh, itu sektor yang bagus. Hanya caranya (yang berbeda) orang tidak datang fisik ke sekolah. Ini akan banyak berubah," sebutnya.

    Jika kondisi tersebut terus berlangsung, bisa saja angggaran pendidikan dapat dipangkas di masa mendatang. Anggaran untuk membangun gedung sekolah bisa ditiadakan dalam Anggaran Pendapatan Belanja dan Negara (APBN) lantaran metode belajar sudah beralih online.

    Di sisi lain, kata Rudi, banyak peluang bisnis berbasis online yang dapat digarap dunia usaha. Apalagi investor masih sangat tertarik menanamkan modalnya di Tanah Air.

    Di tiga bulan pertama 2020, setidaknya 24 start up mendapatkan suntikan pada awal tahun. Beberapa di antaranya adalah Gojek, Kopi Kenangan, Ruangguru, dan Tanihub.

    Mereka memberikan pendanaan pra seri hingga tingkat lanjut dengan nilai besar. Karena itu, kondisi pandemi ini tak perlu ditakuti tetapi harus jeli melihat peluang.

    "Tapi kita harus jeli. Investasi dari sekarang sehingga saat rebound, sudah siap," tukasnya.




    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id