Saat PKI Bangkit, Indonesia Tengah Dilanda Kelaparan

    Wandi Yusuf - 23 September 2020 10:37 WIB
    Saat PKI Bangkit, Indonesia Tengah Dilanda Kelaparan
    Sejumlah warga yang tergabung dari berbagai organisasi masyarakat Jawa Timur berunjuk rasa menolak kebangkitan PKI di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (13/8). Foto: Antara/Zabur Karuru.
     

    Propaganda Empat Sehat Lima Sempurna

    Kondisi ini diperparah karena kerusakan tanaman akibat berbagai bencana seperti kekeringan dan banjir. Jumlah panen padi juga tidak sesuai harapan.

    "Bencana kelaparan yang tersebar, baik di Jawa maupun luar Jawa, menyebabkan berbagai kasus malnutrisi, terutama sepanjang 1951 hingga 1958," tulis dosen di Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Padjadjaran (Unpad) itu.

    Pada 1954 konsumsi masyarakat Indonesia sempat naik, terutama karena propaganda pemerintah melalui 'Empat Sehat Lima Sempurna' mulai terlihat. Namun, tiga tahun berikutnya, pada 1955 hingga 1957, persediaan makanan dan asupan jumlah kalori justru kembali menurun.

    "Ini sebagai akibat dari serangkaian bencana alam, gagal panen, dan aksi-aksi separatisme di beberapa wilayah di Indonesia," tulisnya.

    Aksi-aksi separatisme itu meliputi PKI di Madiun, aksi Darul Islam/Tentara Islam Indonesia di Jawa Barat, gerakan Republik Mauluku Selatan (RMS), Pemberontakan Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia (PRRI) di Sumatra dan Sulawesi, hingga Perjuangan Rakyat Semesta (Permesta) di Sulawesi.

    (UWA)
    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id