Bupati Bintan Sambut Pembukaan Akses Batam-Singapura

    Antara - 13 Oktober 2020 18:37 WIB
    Bupati Bintan Sambut Pembukaan Akses Batam-Singapura
    Singapura. Foto ; AFP.
    Bintan: Pjs Bupati Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri), Buralimar menyambut baik pembukaan jalur perbatasan antara Batam dan Singapura yang rencananya dimulai pada 26 Oktober 2020. Dia berharap ini akan berdampak pada dibukanya akses wisatawan mancanegara (wisman) ke kawasan wisata internasional Lagoi di Bintan.

    "Pemprov Kepri pun sudah jauh-jauh hari menyurati pemerintah pusat agar membuka pintu masuk wisman Singapura di Lagoi. Jadi sebaiknya jangan cuma Batam, tapi Bintan juga dibuka," kata Buralimar dikutip dari Antara, Selasa, 13 Oktober 2020.

    Menurut Buralimar, kawasan wisata Lagoi secara umum sudah sangat siap untuk menyambut kedatangan wisman dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

    Selain itu, katanya, Lagoi juga memiliki pelabuhan sendiri untuk melayani wisman dan letaknya berada jauh dari pemukiman warga.

    "Kami siap mempertaruhkan Lagoi untuk menerima wisman di tengah pandemi covid-19," tuturnya.

    Buralimar menyarankan pemerintah dapat melakukan uji coba penerimaan wisman Singapura di pelabuhan khusus Lagoi. Misalnya, kata dia, wisman yang masuk dibatasi 300 orang per pekan.

    "Kalau bisa, akhir Oktober atau awal November 2020 sudah dibuka secara bertahap, supaya pariwisata Bintan tetap menggeliat meski ada wabah," ujarnya.

    Kendati demikian, pihaknya tidak dapat memaksa pemerintah pusat membuka pintu wisman di Lagoi, karena hal itu sepenuhnya menjadi kebijakan secara nasional.

    "Paling tidak kami mendorong agar pemerintah pusat mempertimbangkan permintaan tersebut," tuturnya.

    Indonesia dan Singapura telah menyepakati pembukaan akses keluar masuk antar kedua negara melalui dua titik, yakni kapal feri melalui Tanah Merah Ferry Terminal Singapura-Batam Center Ferry Terminal Batam, lalu penerbangan melalui Bandara Soekarno-Hatta International Airport dan Changi International Airport. Namun akses ini buat sementara waktu hanya diperuntukkan bagi kepentingan bisnis dan perjalanan dinas yang mendesak.


    (SAW)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id