Isu Perang Dagang AS-Tiongkok Diprediksi Mereda di Era Biden

    Eko Nordiansyah - 14 Januari 2021 13:22 WIB
    Isu Perang Dagang AS-Tiongkok Diprediksi Mereda di Era Biden
    Presiden ke-46 AS, Joe Biden. Foto: CNET/Getty Images.
    Jakarta: Ketegangan perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dengan Tiongkok diprediksi akan mereda di era Presiden terpilih Joe Biden. Hal ini dipercaya meskipun kebijakan yang telah diambil oleh Pemerintahan Donald Trump tidak akan langsung berubah sepenuhnya.

    "Di era Biden, isu perang dagang akan mereda walaupun Biden sendiri tidak akan serta merta mencabut tarif yang sudah dikenakan pada masa Trump," kata Ekonom CORE Indonesia Piter Abdullah kepada Medcom.id, Kamis, 14 Januari 2021.

    Piter menambahkan, apa yang disampaikan oleh Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer yang menilai kebijakan Trump sudah tepat dan diharapkan bisa terus berlanjut di era Biden, merupakan pandangan sepihak.

    "Saya kira pandangan ini tidak akan memanaskan kembali perang dagang antara AS dan Tiongkok. Biden diyakini memang tidak akan segera mengoreksi apa yang sudah dilakukan oleh Trump. Termasuk pengenaan tarif atas produk-produk Tiongkok," ungkapnya.

    Ia meyakini apa yang dilakukan oleh Biden nantinya akan berdampak positif bagi perekonomian global, termasuk Indonesia. Bahkan banyak pihak menilai Biden akan lebih hati-hati dalam mengambil kebijakan yang terkait perang dagang dengan Tiongkok.

    "Tapi yang lebih penting bagi para pelaku ekonomi, Biden diyakini tidak akan banyak melakukan kebijakan-kebijakan kejutan. Tidak banyak yang memunculkan kegaduhan, sehingga secara perlahan isu perang dagang itu mereda," pungkas dia.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id