Peserta BPJS Kesehatan Bisa Manfaatkan Layanan Online di Masa Pandemi

    Eko Nordiansyah - 23 Oktober 2020 16:29 WIB
    Peserta BPJS Kesehatan Bisa Manfaatkan Layanan <i>Online</i> di Masa Pandemi
    Ilustrasi BPJS Kesehatan - - Foto: MI/ Pius Erlangga
    Jakarta: Peserta BPJS Kesehatan dapat memanfaatkan layanan digital di masa pandemi covid-19. Berbagai layanan online ini disediakan agar masyarakat dimudahkan dalam mendapatkan akses kesehatan.
     
    Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Andayani Budi Lestari mengatakan saat ini sudah ada aplikasi Mobile JKN bagi peserta maupun Mobile JKN bagi fasilitas kesehatan (faskes). Beberapa layanan yang diberikan antara lain screening mandiri covid-19, antrean online, hingga konsultasi dokter.

    "Bagi yang sudah melakukan download Mobile JKN bisa melakukan screening untuk memastikan bahwa apakah aman, berisiko, atau tidak (dari covid-19)," katanya dalam Media Workshop BPJS Kesehatan di Jakarta, Jumat, 23 Oktober 2020.

    Andayani berharap peserta bisa menggunakan layanan antrean online jika sakit dan ingin berobat ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Melalui layanan ini peserta tidak perlu mengantre sehingga tidak menimbulkan kerumunan.

    "Artinya peserta itu kalau datang ke FKTP, kalau sudah melakukan antrean online maka dia datang ke puskesmas atau ke dokter itu menjelang diperiksa. Nah ini diharapkan bisa menghindari kerumunan. Kemudian peserta juga diharapkan tidak terlalu lama di rumah sakit," jelas dia.

    Hingga 20 Oktober 2020, sudah ada 15.112 FKTP yang terintegrasi dengan layanan antrean online ini. Bagi FKTP, integrasi ini akan membantu proses pendaftaran peserta karena sudah otomatis terkoneksi dengan P Care sehingga proses entry yang dilakukan petugas di FKTP juga akan berkurang.

    Ia menambahkan layanan konsultasi dokter juga sudah banyak dimanfaatkan oleh peserta maupun FKTP dan dokter selama masa pandemi ini. Tercatat sudah ada 6.545 FKTP pengguna Mobile JKN Faskes, 7.324 dokter pengguna Mobile JKN Faskes, dan 50.095 peserta yang telah menggunakan konsultasi dokter.

    "Ini sebetulnya bermanfaat bagi peserta karena memberikan kepastian layanan, kemudian akses layanan di faskes FKTP lebih cepat, lebih mudah dan lebih pasti, dan status kesehatannya akan bisa terkontrol," pungkasnya.

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id