comscore

Nilai Tambah MotoGP Rp4,5 Triliun, Sandiaga: Lebih dari Perkiraan

Antara - 03 Juni 2022 13:59 WIB
Nilai Tambah MotoGP Rp4,5 Triliun, Sandiaga: Lebih dari Perkiraan
Menparekraf Sandiaga Uno/Istimewa.
Jakarta: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyebut penyelenggaraan MotoGP 2022 di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB), memberikan nilai tambah fantastis. Jumlahnya mencapai Rp4,5 triliun.

"(Jumlah) ini di luar angka Rp700-800 miliar yang kita perkirakan," ujar Sandiaga dikutip dari Antara, Jumat, 3 Juni 2022.
Menurut dia, kontribusi MotoGP terhadap kenaikan pendapatan domestik regional bruto (PDRB) NTB sebesar 1,46 persen secara tahunan (yoy). Rincian peningkatan yakni di sektor makanan dan minuman 1,04 persen, serta transportasi dan pergudangan 0,74 persen.

Baca: Sandiaga Tekankan Pentingnya Kolaborasi Guna Menghidupkan Ekosistem Perfilman

"Untuk pertumbuhan ekonomi NTB triwulan I tahun 2022 sebesar 7,76 persen, sementara pertumbuhan ekonomi di tingkat nasional di angka 5,01 persen," kata Sandiaga.

Dia menilai ajang itu juga berkontribusi menyumbang peningkatan jumlah warga yang mengunjungi NTB. Peningkatan penumpang angkutan udara mencapai 94,81 persen dan angkutan laut 74,91 persen.

Di sisi lain, Sandiaga membeberkan survei dampak MotoGP terhadap pelaku usaha. Menurut Sandiaga, pelaku usaha mengalami peningkatan pemasukan 41 persen selama lomba balap sepeda motor internasional tersebut. Sebanyak 23 persen dari jumlah itu berasal dari luar NTB.

Kedua, 59 persen pelaku usaha mendapatkan fasilitasi pelaksanaan MotoGP dan paling banyak memperoleh bantuan dari pemerintah sebesar 40,5 persen. Survei mencatatkan pula bahwa 46 persen pelaku usaha merupakan usaha rumah tangga.

"Ini banyak ibu-ibu, emak-emak, UMKM-UMKM," ungkap Sandiaga.

Saat penyelenggaraan MotoGP 2022, sebut dia, produk ekonomi kreatif yang paling laku ialah kuliner sebesar 50,43 persen, kriya 19,31 persen, fesyen 15,96 persen, dan lainnya 14,8 persen. Pelaku usaha tercatat pula mengalami pergeseran pendapatan mulai dari Rp5-50 juta.

"Jadi ini yang UMKM rasakan," kata Menparekraf.

(ADN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id