comscore

ID Food Guyur 17 Juta Liter Minyak Goreng ke Pasar

Insi Nantika Jelita - 05 April 2022 12:01 WIB
ID Food Guyur 17 Juta Liter Minyak Goreng ke Pasar
Ilustrasi operasi pasar minyak goreng - - Foto: MI/ Galih Pradipta
Jakarta: PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau Holding Pangan ID Food menyalurkan 17 juta liter minyak goreng ke pasar tradisional di beberapa wilayah di Indonesia.

Hal tersebut dilakukan untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan minyak goreng. Adapun distribusi penyaluran terdiri dari 13,5 juta liter hingga 17 Maret dan 3,5 juta periode 18 Maret hingga 2 April 2022.
"Pendistribusian minyak goreng curah terus berlangsung ke beberapa titik lokasi yang tersebar seluruh Indonesia," kata Direktur Utama PT RNI (Persero) Frans Marganda Tambunan dalam rilis yang dikutip Selasa, 5 April 2022.


BUMN ID Food berkomitmen menjaga ketersediaan pasokan minyak goreng untuk kebutuhan pasar dengan menggandeng Asosiasi Pedagang Pasar, Pasar Jaya, Apical Group, dan stakeholder terkait lainnya.

Frans melanjutkan daerah yang dituju untuk pendistribusian minyak goreng antara lain Aceh, Bali,Banten, Bengkulu, DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Gorontalo, Pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Papua.

Total penyebaran lokasi distribusi minyak goreng secara keseluruhan, lanjutnya, adalah di 745 titik. Dengan tingkat realisasi tertinggi dilakukan di daerah Jawa Timur, yaitu sebanyak 5.772.591 liter minyak goreng, hal tersebut dilakukan di 215 titik lokasi.

Frans menambahkan, seiring dengan pendistribusian minyak goreng, ID Food juga menyosialisasikan ke pedagang pasar untuk tidak menjual minyak goreng curah di atas harga eceran tertinggi yang ditetapkan pemerintah.

"Distribusi minyak goreng juga dilakukan sosialisasi ke pedagang untuk menyamaratakan harga minyak goreng curah yang telah didistribusikan oleh ID Food ke pedagang sesuai ketentuan," ucapnya.

Adapun total minyak goreng yang sudah didistribusikan ID Food sudah mencapai 13.796.607 Liter minyak goreng curah, 34.660 minyak goreng dalam jerigen, dan 3.652.873 liter minyak goreng kemasan.


Sebelumnya, Presiden Joko Widodo turut mengecek ke Pasar rakyat di daerah Jawa Timur dan Jokowi mengatakan, harga minyak goreng curah masih di atas harga yang ditargetkan oleh pemerintah, yaitu Rp14 ribu per liter.

"Minyak di kemasan rata-rata harganya Rp24 ribu. Minyak curah ada, tapi stoknya tidak banyak, tadi saya lihat sisanya cuma dua liter dan harganya Rp15.500," ucap Jokowi dalam siaran pers Istana Kepresidenan, pada 30 Maret 2022.

(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id