Asyik, Kini Alumni Kartu Prakerja Bisa Dapat KUR Super Mikro

    Eko Nordiansyah - 08 April 2021 17:37 WIB
    Asyik, Kini Alumni Kartu Prakerja Bisa Dapat KUR Super Mikro
    Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto : Medcom.



    Jakarta: Pemerintah menyediakan akses permodalan bagi para alumni program kartu prakerja yang telah menyelesaikan pelatihannya. Bagi mereka yang berminat untuk memulai usaha, pemerintah kini memfasilitasi akses Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi mereka.

    Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan akses KUR kepada para alumni kartu prakerja dimaksudkan untuk mempermudah akses permodalan bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo.






    "Ini perlu ditindaklanjuti dengan permodalan yang disiapkan oleh pemerintah. Oleh karena itu, para lulusan dari kartu prakerja bisa ditawarkan untuk kredit usaha rakyat super mikro," kata dia dalam webinar 'Sosialisasi Penguatan Wirausaha Alumni Program Kartu Prakerja Melalui Pembiayaan KUR', Kamis, 8 April 2021.

    KUR super mikro menawarkan pinjaman bagi para pelaku usaha sampai dengan Rp10 juta dengan syarat tidak harus enam bulan usaha berjalan dan tanpa agunan. Namun, Airlangga menyebut, tak menutup kemungkinan mereka meningkatkan pengajuan KUR-nya.

    "Tidak menutup kesempatan bisa mereka yang lebih progresif lagi untuk mendapatkan KUR mikro yang besarnya Rp10 juta sampai Rp50 juta dan sedang kami matangkan untuk sampai Rp10 juta-Rp100 juta tanpa agunan," jelas Airlangga.

    Menurut data Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Pekerja, saat ini ada 387.234 alumni yang menjadi wirausaha. Dari survei kepada 4,7 juta dari 5,5 juta total penerima kartu prakerja, sebanyak 17 persen berubah status dari tidak bekerja menjadi wirausaha.

    Asisten Deputi Pasar Modal dan Lembaga Keuangan Kemenko Perekonomian Gede Edy Prasetya mengatakan, saat ini pemerintah sudah bekerja sama dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk untuk memberikan KUR kepada alumni kartu prakerja. Apalagi data para peserta saat ini sudah diserahkan kepada bank.

    "Yang biasanya nyari-nyari KUR sekarang akan didatangi oleh banknya, karena banknya sudah mempunyai data-data teman-teman semua yang berminat menjadi wirausaha dan berminat mengakses KUR. Jadi jangan takut," ungkap Gede.


    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id