Potensi Kadin Daerah Siap Dioptimalkan

    Ade Hapsari Lestarini - 08 April 2021 14:29 WIB
    Potensi Kadin Daerah Siap Dioptimalkan
    Wakil Ketua Umum Kadin bidang Pengembangan Pengusaha Nasional Arsjad Rasjid. Foto: dok MI/Insi Nantika.



    Jakarta: Salah satu calon Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Arsjad Rasjid akan mengoptimalkan potensi Kadin daerah yang dinilai masih terabaikan.

    Presiden Direktur PT Indika Energy Tbk (INDY) dan Ketua Dewan Penyantun Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) itu mengibaratkan, jika Kadin adalah perusahaan, maka Kadin provinsi dan asosiasi adalah para pemegang saham.






    Oleh karena itu, Arsjad dinilai memiliki visi membangun Kadin baru yang inklusif dan kolaboratif. Serta membangun Kadin sebagai rumah bersama. Kemudian mendorong Kadin Indonesia untuk menjadi partner utama pemerintah dalam transformasi sektor kesehatan, terutama penanganan covid-19, dengan fokus pada implementasi vaksinasi gotong-royong.

    Ketua Kadin Kalimantan Utara Kilit Laing menilai pernyataan Arsjad sudah tepat terkait pengembangan ekonomi nasional melalui potensi ekonomi di daerah. Dia melihat, setiap daerah memiliki problem dan tantangan yang berbeda dan mengelola serta mengembangkan potensi ekonomi yang dimiliki. Ke depan, semua potensi perlu dikelola dengan baik.

    "Saya melihat visi misi Arsjad mengenai kebutuhan pengusaha daerah yang selama masa lalu terabaikan, semoga ini terwujud karena harus didukung oleh pemerintah," jelas Kilit, Kamis, 8 April 2021.

    Oleh karena itu perlu pendekatan khusus di setiap daerah, karena masing-masing memiliki potensi ekonomi yang berbeda. Sehingga kompleksnya permasalahan yang dihadapi oleh daerah, membuat Kadin harus hadir untuk membantu menyelesaikan tantangan tersebut.

    Maka dari itu dibutuhkan sinergitas antara Kadin Indonesia dengan Kadin daerah dalam mengoptimalkan peran membantu pemerintah menggerakkan ekonomi. Menuntaskan masalah yang masih ada. "Di sinilah Kadin Indonesia bekerja sama dengan Kadin daerah, harus bersinergi," ungkap dia.

    Dia menuturkan Kadin di daerah juga berharap ada perbaikan organisasi agar lebih dipercaya oleh masyarakat. Kata dia, para ketua umum Kadin daerah menghapkan ada perbaikan di Kadin untuk lebih di percaya masyarakat, pemerintah, dan dunia usaha. Ia optimis Arsjad akan mampu membawa Kadin lebih baik.

    Senada, Ketua Kadin Kalimantan Barat Joni Isnaini menilai majunya Arsjad bisa membawa Kadin bersinergi dengan daerah. Kadin daerah, katanya, harus juga bisa mengakomodir kepentingan masyarakat dan pengusaha kecil lainnya.

    "Para pengusaha daerah siap mendukung perbaikan Kadin di bawah Arsjad, sehingga Kadin dan pemerintah bisa bersama-sama bersinergi untuk menyejahterakan masyarakat dan bangsa," paparnya.


    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id