Tak Hanya Konsumen, Kenaikan Tarif Cukai Tembakau Beratkan Produsen Rokok

    Annisa ayu artanti - 11 Desember 2020 18:47 WIB
    Tak Hanya Konsumen, Kenaikan Tarif Cukai Tembakau Beratkan Produsen Rokok
    Ilustrasi produsen rokok - - Foto: Medcom



    Jakarta: Kenaikan tarif cukai tembakau sebesar 12,5 persen di 2021 akan memberatkan konsumen dan produsen rokok. Sebab, kenaikan tarif berdampak pada harga rokok yang dibeli oleh konsumen.

    Sekretaris perusahaan PT Wismilak Inti Makmur Tbk Surjanto Yasaputera mengatakan imbas kenaikan tarif, konsumen harus mengeluarkan uang lebih besar untuk mengonsumsi rokok di masa pandemi.






    "Ya di masa pandemi begini tentu kenaikan tarif cukai rokok akan cukup memberatkan, terutama bagi konsumen, karena pada intinya cukai dibayarkan oleh konsumen," katanya kepada Medcom.id, Jumat, 11 Desember 2020.

    Lebih lanjut, Surjanto menyebutkan keputusan pemerintah ini berdampak pada margin produsen rokok. Hal ini dikarenakan kenaikan tarif cukai tersebut tidak serta merta langsung dibebankan kepada konsumen.


    "Tetapi juga cukup memberatkan buat pelaku industri karena pabrikan tidak bisa begitu saja mengalihkan beban kenaikan tarif cukai secara langsung serentak ke konsumen, artinya produsen juga pasti akan terdampak margin yang tergerus sementara kenaikan tarif cukai belum bisa secara penuh diteruskan ke konsumen," tutur dia.

    Meski demikian, emiten berkode WIIM optimistis bisa terus berkembang karena beban yang akan ditanggung lebih kecil dibandingkan perusahaan rokok Tier 1.

    "Mungkin bebannya tidak sebesar Tier 1, yang kenaikannya lebih besar, jadi meskipun kenaikan ini dirasa cukup memberatkan tetapi Wismilak masih punya harapan untuk berkembang," pungkasnya.


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id