Kemensos-Bulog Kebut Penyaluran Bansos Beras

    Ilham wibowo - 14 Oktober 2020 13:41 WIB
    Kemensos-Bulog Kebut Penyaluran Bansos Beras
    Beras Bulog. Foto : MI.
    Jakarta: Kementerian Sosial (Kemensos) dan Perum Bulog mengupayakan percepatan penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) Beras di seluruh wilayah. Sejauh ini, program yang diproyeksikan periode 2020 baru terealisasi 64 persen.

    Dirjen Pemberdayaan Sosial Kementerian Sosial Edi Suharto mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan evaluasi kendala bersama pimpinan kantor wilayah Bulog, koordinator provinsi pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) dan pihak transporter provinsi.

    "Kami harapkan dukungan dari Perum Bulog untuk dapat mendorong Transporter lebih cepat dalam pendistribusian, demikian juga Transporter perlu lebih optimal dalam menyampaikan Bansos Beras hingga diterima Keluarga Penerima Manfaat," kata Edi melalui keterangan tertulis, Rabu, 14 Oktober 2020.

    Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Bulog Triyana menambahkan pihaknya berkomitmen untuk memastikan kualitas dan kuantitas beras yang akan disalurkan. Pemeriksaan ketat dilakukan sebelum diserahkan kepada jasa pengangkut yang ditunjuk oleh Kemensos.

    "Kami telah menyediakan beras sebanyak 450 ribu ton untuk alokasi tiga bulan penyaluran di seluruh wilayah Indonesia dan sampai dengan 13 Oktober 2020 telah terealisasi sebesar 288.178 ton atau 64 persen dari pagu tiga alokasi," paparnya.

    Menurut Triyana, pihaknya terus meningkatkan kerja sama untuk melakukan pengawasan mengingat program ini merupakan program yang langsung bersentuhan dengan masyarakat berpendapatan rendah. Kelompok tersebut saat ini sangat terdampak akibat dari pandemi covid-19.

    "Memperhatikan realisasi tersebut, masih tersisa sebesar 161.822 ton untuk segera disalurkan, untuk itu perlu percepatan penyaluran Bansos Beras ini pada sisa hari di Oktober ini," tuturnya.   

    (SAW)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id