Dukung Digitalisasi UMKM, Kominfo Percepat Kesiapan Infrastruktur Jaringan Internet

    Husen Miftahudin - 03 Maret 2021 11:55 WIB
    Dukung Digitalisasi UMKM, Kominfo Percepat Kesiapan Infrastruktur Jaringan Internet
    Ilustrasi. Foto: Medcom.id



    Jakarta: Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Gerard Plate mendukung penuh upaya pemerintah dan otoritas terkait dalam mendorong transformasi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memanfaatkan digitalisasi. Johnny menyebut pelaku UMKM Tanah Air sangat adaptif dan agility, sehingga bisa dengan cepat mengadaptasi produk-produknya ke arah digitalisasi.

    Terkait hal ini, dukungan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dilakukan dengan mempercepat kesiapan infrastruktur guna tersedianya jaringan internet yang bisa menembus seluruh pelosok Tanah Air. Khusus di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kominfo telah menambah tiga Base Transceiver Station (BTS).






    "Sudah menyiapkan 78 titik-titik akses internet gratis yang langsung ke satelit, di samping menggerakkan operator seluler. Hampir semua operator seluler sudah ada di sana," ungkap Johnny dalam acara virtual Karya Kreatif Indonesia 2021: Eksotisme Lombok-Seri 1, Rabu, 3 Maret 2021.

    Kesiapan infrastruktur jaringan internet merupakan upaya hulu dalam mendorong transformasi para pelaku UMKM memanfaatkan digitalisasi. Di hilir, Kominfo juga melakukan berbagai upaya untuk menggenjot daya saing pelaku UMKM.

    Salah satunya dengan mendukung penuh langkah Bank Indonesia (BI) meluncurkan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Standardisasi pembayaran menggunakan metode QR Code ini diperlukan guna proses transaksi menjadi lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

    "QRIS ini luar biasa, aplikasi terpusat untuk pembayaran, sangat membantu penjual, pembeli, produsen, merchant-merchant, termasuk untuk NTB. Manfaatkan ruang digital ini dengan baik," pesan Johnny.

    Selain itu Kominfo juga mendorong Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membangun modal ventura atau capital venture. Hal tersebut diperlukan untuk mendorong financial technology, sehingga dapat mendukung pelaku UMKM dan produksi-produksi technopark NTB.

    "Kami juga mendukung peningkatan sumber daya manusia di NTB melalui pendidikan-pendidikan vokasi, training yang terkait untuk pembangunan kepariwisataan dari sisi komunikasi dan informatikanya. Khususnya yang berkaitan dengan pemanfaatan ruang digital dalam rangka on boarding-nya UMKM di sana," tegas dia.
     

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id