Syarat Terbaru untuk Calon Peserta Kartu Prakerja

    Eko Nordiansyah - 23 Februari 2021 20:07 WIB
    Syarat Terbaru untuk Calon Peserta Kartu Prakerja
    Kartu prakerja. Foto : Setkab.
    Jakarta: Pemerintah resmi membuka pendaftaran program kartu prakerja untuk gelombang 12 mulai hari ini. Pada tahap awal ini, pemerintah membuka kuota peserta untuk 600 ribu orang dari total 2,7 juta peserta sampai semester I-2021.

    Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan penerima bantuan sosial dari Kementerian Sosial tidak bisa menerima kartu prakerja. Hal ini dilakukan untuk  pemerataan penerima bantuan dari pemerintah dan duplikasi penerima bansos.

    "Mereka yang menerima subsidi upah, banpres produktif mikro,  Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM), dan penerima kartu prakerja yang sudah menerima di tahun 2020 juga tidak bisa menjadi peserta kartu prakerja," kata dia dalam video conference di Jakarta, Selasa, 23 Februari 2021.

    Ia menambahkan penerima kartu prakerja juga dibatasi maksimal hanya dua orang dalam satu Kartu Keluarga (KK). Sementara secara keseluruhan, persyaratan untuk dapat menjadi penerima kartu prakerja 2021 masih sama dengan tahun lalu.

    "Yaitu WNI, 18 tahun ke atas, dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal. Program ini ditujukan untuk pencari kerja yang sedang menganggur, pekerja ataupun wiraswasta dan kami mengajak para pekerja yang dirumahkan ataupun kehilangan pekerjaan," ungkapnya.

    Selain itu, pemerintah mengajak pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) yang terdampak ataupun tutup usaha karena pandemi covid-19 untuk mendapatkan kartu prakerja. Meskipun ada sejumlah golongan yang dikecualikan untuk menjadi penerima kartu prakerja.

    "Peserta penerima kartu prakerja tidak dapat diberikan kepada pejabat negara, anggota TNI/Polri, Aparatur Sipil Negara (ASN), anggota DPR/DPRD, pejabat BUMN/BUMD, kepala desa maupun perangkat desa," pungkas dia.

    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id