Gasifikasi Batu Bara di Tanjung Enim Tarik Investasi Asing Rp30 Triliun

    Suci Sedya Utami - 11 Mei 2021 22:39 WIB
    Gasifikasi Batu Bara di Tanjung Enim Tarik Investasi Asing Rp30 Triliun
    Ilustrasi pekerja tambang batu bara - - Foto: dok AFP



    Jakarta: Proyek gasifikasi batu bara menjadi Dimethyl Ether (DME)di Tanjung Enim mampu menarik investasi asing dari Air Products & Chemicals, Inc. (APCI) sebesar USD 2,1 miliar atau setara Rp30 triliun. Proyek ini juga diyakini akan mengurangi ketergantungan pada impor Liquid Petroleum Gas (LPG). 
     
    Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan proyek ini akan memanfaatkan atau utilisasi enam juta ton batu bara per tahun atay dapat menghasilkan 1,4 juta DME per tahun. Ini akan mengurangi impor LPG satu juta ton per tahun sehingga dapat memperbaiki neraca perdagangan.

    Selain itu, proyek ini diharapkan dapat memberikan multiplier effect antara lain menarik investasi asing lainnya. Serta mendorong penggunaan tingkat komponen dalam negeri (TKDN).

    “Pertamina sebagai BUMN telah memformulasikan kembali strategi yang sejalan dengan arahan Pemerintah dalam pencapaian target bebas impor LPG pada tahun 2027 dan penurunan emisi karbon di tahun 2030,” kata Nicke dalam keterangan resmi, Selasa, 11 Mei 2021.

     



    Di sisi lain, Pertamina memahami bahwa pengembangan dan produksi DME ini berkaitan dengan isu lingkungan. Karenanya, sesuai arahan Pemerintah, Pertamina akan menjalankan proyek DME secara paralel dengan proyek Carbon Capture Utilization and Storage (CCUS) sehingga isu mengenai emisi karbon dapat ditekan hingga mencapai 45 persen.
    Senada, Direktur Utama PTBA Suryo Eko Hadianto menambahkan para pihak yang terlibat dalam penandatanganan akan bekerja keras untuk merealisasikan pembangunan proyek. Kerja sama tersebut juga menjadi portofolio baru bagi perusahaan alias tidak lagi sekadar menjual batu bara, tetapi juga mulai masuk ke produk-produk hilirisasi demi meningkatkan nilai tambah.

    “Kami percaya penandatanganan pada hari ini merupakan lompatan signifikan dalam perkembangan kerja sama proyek, dan kami optimis proyek ini dapat dijalankan tepat waktu,” ujar dia.


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id