Bahlil Jamin Investasi tak Hanya Berpusat di Jawa dan dari Perusahaan Besar Saja

    Eko Nordiansyah - 29 April 2021 19:59 WIB
    Bahlil Jamin Investasi tak Hanya Berpusat di Jawa dan dari Perusahaan Besar Saja
    Menteri Investasi Bahlil Lahadalia. Foto: MI/Ramdani



    Jakarta: Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menjamin pihaknya akan mendorong realisasi investasi yang berkualitas. Hal ini sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo saat ia dilantik dari kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menjadi menteri investasi.

    "Dalam arti tidak hanya bertumbuh di Jawa, tapi juga penyebaran investasi kemudian tidak hanya mengurus investasi besar tapi juga yang kecil dan UMKM," kata dia dalam Rapat Koordinasi Pembangunan Pusat 2021, Kamis, 29 April 2021.






    Ia mengatakan, pemerintah tidak hanya fokus untuk mengurus investasi asing dalam bentuk Foreign Direct Investment (FDI) saja melainkan juga investasi dalam negeri. Sejauh ini, Bahlil mengklaim upaya tersebut sudah dilakukan sejak masih menjadi kepala BKPM.

    BKPM mencatat, realisasi investasi pada kuartal I 2021 adalah Rp219,7 triliun. Investasi didorong Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar Rp111,7 triliun atau 50,8 persen dari total investasi dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) Rp108 triliun atau 49,2 persen.

    "Angka ini menunjukkan bahwa kepercayaan dunia pada Indonesia di era covid semakin membaik, karena FDI kita pernah jatuh pada masa 2020 dimana PMDN kita lebih besar dari PMA," ungkapnya.

    Sementara secara wilayah, Bahlil menambahkan, realisasi investasi mayoritas berada di luar Pulau Jawa yaitu Rp114,4 triliun atau 52,1 persen dari total investasi. Sedangkan realisasi investasi di Jawa tercatat sebesar Rp105,3 triliun atau 47,9 persen dari total investasi.

    "Dengan penyerapan tenaga kerja sebesar 311.793 orang. Saya ingin katakan bahwa pertumbuhan investasi di kawasan luar Pulau Jawa tidak bisa dihindari dari program Presiden di periode pertama dalam melakukan pembangunan infrastruktur," pungkas dia.
     

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id