Pemerintah Lirik Selat Pantar untuk Kembangkan Pembangkit Listrik Arus Laut

    Suci Sedya Utami - 22 Oktober 2020 14:57 WIB
    Pemerintah Lirik Selat Pantar untuk Kembangkan Pembangkit Listrik Arus Laut
    NTT. Foto : MI/Ramdani.
    Jakarta: Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan (P3GL) Badan Litbang Kementerian ESDM melakukan pra-feasibility study (FS) pemanfaatan arus laut dalam pembangkit listrik tenaga arus laut, di Selat Pantar, Nusa Tenggara Timur (NTT).

    Mengutip laman resmi Kementerian ESDM, Kamis, 22 Oktober 2020, tim saat ini telah menyelesaikan tahapan pengunduhan data kecepatan arus (sementara) dari alat Acoustic Doppler Current Profiler (ADCP) untuk mendapatkan data kecepatan arus laut selama 30 hari.

    Lokasi tersebut memiliki potensi energi laut cukup besar. Berdasarkan penelitian P3GL pada 2011, selat ini memiliki kecepatan arus rata-rata cukup deras sekitar 2 m/s, sehingga memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai sumber pembangkit listrik.

    Pada tahun 2016, P3GL telah mengolah data kecepatan arus di sejumlah selat yang potensial di perairan Indonesia. Kecepatan arus yang besar umumnya berada di perairan sekitar Bali, NTB dan NTT.

    Kecepatan arus berkisar dari 0,6 hingga 3,5 m/s. Kecepatan arus lebih dari 2m/s terdapat di Selat Pantar, Lombok, Toyapakeh, Larantuka, Alas, Molo, Sunda, dan Boleng. Secara umum, tipe pasang surut (pasut) di perairan Indonesia adalah tipe pasut semidiurnal. Artinya dalam satu hari terdapat dua kali pasang dan dua kali surut.

    Hasil penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan pemerintah pusat dan daerah serta instansi terkait lainnya dalam upaya pemanfaatan energi baru terbarukan khususnya energi arus laut. Selain itu hasil kajian diharapkan dapat mendukung pencapaian target 23 persen bauran EBT pada 2025 melalui penelitian potensi dan kajian teknologi pemanfaatan energi arus laut.

    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id