Pandemi, Bisnis Kirim Barang Garuda Indonesia Tumbuh Signifikan

    Suci Sedya Utami - 22 September 2021 12:02 WIB
    Pandemi, Bisnis Kirim Barang Garuda Indonesia Tumbuh Signifikan
    Maskapai penerbangan Garuda Indonesia. Foto: MI/Sumaryanto



    Jakarta: Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia melalui lini bisnis layanan pengiriman barang berbasis aplikasi digital KirimAja menunjukan pertumbuhan yang solid.

    Sepanjang semester 1-2021, tercatat sebanyak 140 ribu transaksi telah dibukukan. Jumlah tersebut meningkat signifikan dibandingkan catatan transaksi pengiriman barang KirimAja pada 2020 sebesar 89 ribu transaksi.

     



    Teranyar, lini bisnis ini meluncurkan fitur terbaru berupa layanan pick up atau penjemputan barang. Layanan ini akan dikembangkan untuk melayani kebutuhan layanan pengiriman barang di lebih dari 46 kota di Indonesia hingga akhir tahun ini.

    Fitur pick up ini merupakan layanan penjemputan barang door to door oleh kurir KirimAja yang akan langsung melakukan penjemputan ke alamat pengirim untuk kemudian dilanjutkan dengan proses pengiriman ke destinasi tujuan. Adapun pada tahap awal ini, fitur pick up ini akan difokuskan pada sejumlah wilayah penjemputan untuk area DKI Jakarta, Tangerang, dan sekitarnya.

    Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan di tengah pola perubahaan shifting behaviour karakteristik market pengiriman barang, hadirnya fitur pick up ini tidak hanya menjadi komitmen jangka panjang perseroan untuk hadir menjadi key player dalam ekosistem sistem logistik nasional yang turut didukung oleh jaringan penerbangan Garuda Indonesia Group.

    Layanan ini juga diharapkan dapat menjawab kebutuhan masyarakat atas alternatif solusi layanan pengiriman barang yang terpercaya, efisien, dan mudah khususnya di tengah kondisi pandemi serta adaptasi dengan era kenormalan baru.

    "Peluncuran fitur baru ini juga merupakan upaya kami untuk terus bergerak adaptif dalam berakselerasi mengembangkan opportunity bisnis di tengah tantangan bisnis yang ada, sejalan dengan upaya berkelanjutan perusahaan untuk mengembangkan layanan kepada seluruh pengguna jasa khususnya dalam mendukung pengembangan infrastruktur sistem logistik nasional melalui berbagai kemudahan layanan yang kini hadir semakin dekat untuk menjawab kebutuhan pengiriman barang pengguna jasa," kata Irfan dalam keterangan resmi, Rabu, 22 September 2021.

    Dari segi pengembangan jaringan pengiriman barang, saat ini aplikasi KirimAja juga telah menjangkau ke lebih dari 4.000 kecamatan di seluruh wilayah Indonesia. Melalui berbagai upaya ekspansif pengembangan bisnis KirimAja yang terus dikembangkan.

    "Kami memproyeksikan jangkauan pengiriman barang KirimAja ke depannya dapat menghubungkan wilayah yang semakin luas khususnya keberbagai wilayah perintis di mana hal tersebut turut ditunjang oleh strategi ekspansi jaringan penerbangan yang nantinya akan dikembangkan oleh Garuda Indonesia Group," ujar dia.

    Dengan pertumbuhan transaksi yang sebagian besar didominasi oleh sektor UMKM nasional, Garuda optimistis layanan pengiriman barang KirimAja ke depannya dapat semakin mengukuhkan visi untuk terus tumbuh bersama dengan pelaku industri lokal.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id