Neraca Dagang RI Surplus Pertanda Kebijakan Pemerintah Sudah Benar

    Ilham wibowo - 16 Juli 2020 15:26 WIB
    Neraca Dagang RI Surplus Pertanda Kebijakan Pemerintah Sudah Benar
    Ilustrasi. Foto: Grafis Medcom.id
    Jakarta: Neraca perdagangan Indonesia pada Juni 2020 yang mengalami surplus sebesar USD1,27 miliar patut disyukuri. Kondisi ini lebih baik dibandingkan negara lain yang mengalami pelemahan ekonomi.

    "Saya sendiri sebagai komite ekspor Kadin melihat ini berita yang baik, tetapi kita ini tidak bisa diprediksi dengan term apakah ini berkelanjutan atau tidak, tapi faktanya ekspor naik dan neraca perdagangan surplus itu harus disyukuri," kata Ketua Komite Tetap Bidang Ekspor Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Handito Joewono kepada Medcom.id, Kamis, 16 Juli 2020.

    Menurut Handito capaian kinerja neraca dagang surplus menunjukkan kebijakan yang digulirkan Pemerintah Indonesia masih berada pada jalur yang benar. Sejauh ini pelaku usahanya juga didorong untuk tetap meningkatkan ekspor.

    "Secara keseluruhan perekonomian Indonesia on the right track. Bahwa ada gejolak itu normal dan anggap saja itu alami. Kalau misalnya bulan depan sampai surplus atau minus lagi ya memang seperti itu. Tetapi sekarang kita sudah mencapai surplus dan pertumbuhan ekspor itu sesuatu yang luar biasa," ungkapnya.

    Handito menuturkan bahwa capaian kinerja positif pada Juni 2020 perlu dipertahankan dengan kebijakan terukur di tengah penanganan pandemi covid-19. Dia bilang, pelaku usaha juga saat ini makin semangat untuk meningkatkan produktivitas.

    "Saya merespons Pak Presiden Jokowi yang mengatakan (peningkatan ekspor) harus dilakukan dengan cara extraordinary. Ini sesuatu capaian luar biasa, kita jangan terlalu anggap ini semuanya begini terus, enggak, tapi capaian positif kita harus syukuri," tuturnya.

    Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia pada Juni 2020 mengalami surplus sebesar USD1,27 miliar. Surplus ini disebabkan ekspor pada bulan lalu sebesar USD12,03 miliar sedangkan impor USD10,76 miliar.

    Adapun ekspor untuk berbagai sektor mengalami pertumbuhan positif selama Juni 2020. Ekspor sektor pertanian meningkat 18,99 persen, industri pengolahan naik 15,96 persen, dan pertambangan tumbuh 13,69 persen. 

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id